Indonesia Genjot Ekspor, Harga CPO Turun 50% Semenjak April

oleh -194 Dilihat
infosawit
Dok. IStimewa

InfoSAWIT, SINGAPURA – Harga minyak kelapa sawit terus mengalami penurunan untuk hari ketiga berturut-turut Selasa (26/7/2022), lantaran pasar merespon berberhati-hati terhadap upaya dari pemerintah Indonesia guna meningkatkan ekspor minyak sawitnya ke luar negeri.

Kontrak berjangka untuk pengiriman Oktober 2022 tercatat mengalami fluktuasi sebelum akhirnya ditutup 1,6% lebih rendah menjadi RM 3,646 (US$ 819) per ton, merupakan harga terendah dalam  seminggu terakhir.

Indonesia telah berupaya meningkatkan ekspor minyak sawitnya guna mengurangi stok yang membengkak di domestik, faktanya kebijakan tersebut berdampak pada penurunan harga sekitar 50% dari rekor penutupan pada bulan April. Saat ini pemerintah Indonesia telah menghapus sementara pungutan ekspor hingga akhir Agustus dan saat ini sedang mempertimbangkan untuk menghapus DMO dan DPO untuk mempercepat ekspor.

Dilansir The edge Markets, pedagang melihat adanya kesepakatan yang bertujuan untuk menghidupkan kembali ekspor pertanian dari Ukraina, salah satu negara eksportir gandum, jagung, dan minyak nabati terbesar di dunia. Namun belum diketahui pasti seberapa cepat kegiatan ekspor akan terjadi lantaran perang Rusia yang masih berlangsung.

Sebelumnya, Rusia menyerang pelabuhan laut Odesa dengan rudal jelajah pada akhir pekan, hanya beberapa jam setelah menandatangani kesepakatan guna membuka blokir ekspor biji-bijian dari Ukraina.

Harga minyak sawit kemungkinan akan tetap lemah untuk periode pada kuartal ketiga sambil melihat kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia, harga minyak sawit diprediksi akan rata-rata antara RM 4.800 dan RM 5.200 per ton, diungkapkan Menteri Komoditas Malaysia, Zuraida Kamaruddin dalam sebuah pernyataan pada Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut tutur Zuraida, dengan dimulainya kembali pungutan ekspor Indonesia pada September 2022 dan penurunan produksi minyak sawit pada kuartal keempat, harga diperkirakan akan naik menjadi RM 5.000 menjadi RM 5.500 per ton dalam tiga bulan terakhir. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.