Bakal Dihadiri 800an Petani Sawit, Pemerintah Mestinya Jadikan IPOSC Wadah Sosialisasi Tata Kelola Sawit Rakyat

oleh -697 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Pengelolaan tata kelola perkebunan kelapa sawit rakyat hingga saat ini dianggap belum sesuai apa yang diharapkan berbagai stakeholder. Implementasi regulasi masih dominan menjadi kendala yang banyak dihadapi para petani kelapa sawit.

Misalnya saja terkait Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), yang mana hingga saat ini masih saja belum mencapai target yang telah ditetapkan. Apalagi kata Ketua Umum Perkumpulan Forum Petani Kelapa Sawit Jaya Indonesia (POPSI), Pahala Sibuea, penerapan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB) belum tersosialisasi dengan baik hingga di tingkat petani. “Ini menandakan roadmap tata kelola sawit rakyat masih memerlukan waktu yang panjang,” katanya kepada InfoSAWIT, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut tutur Pahala, sebab itu saat yang tepat untuk mensosialisasikan seluruh program yang menyangkut petani di Indonesian Palm Oil Smallholders Conferences & Expo 2022 (2nd IPOSC & Expo 2022). Terlebih acara ini bakal diikuti KUD, Koperasi, Poktan maupun petani mandiri/swadaya, yang merujuk informasi dari panitia bakal dihadiri sekitar 800 an peserta. “Ini sudah melampaui target kuota yang ada, petani yang hadir pun dari Aceh hingga Lampung dan ada juga dari Kalimantan,” katanya.

BACA JUGA: Kendala Petani Masih Berjibun, Konferensi Petani Sawit (IPOSC) Bisa Jadi Ajang Mencari Solusi

Sebab itu kata Pahala, POPSI membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada pemerintah untuk mempromosikan dan mensosialisasikan roadmap tatakelola sawit rakyat, yang selama ini belum terbenahi.

POPSI juga akan menilai keseriusan dari pemerintah dalam pembenahan tata kelola sawit rakyat ini, akan tercermin pada delegasi narasumber yang diberikan, apakah orang yang bisa membuat keputusan atau hanya menampung permasalahan yang dihadapi petani selama ini.

BACA JUGA: Konferensi Petani Sawit Bakal Kembali di Gelar, Praktik Berkelanjutan Jadi Pembahasan

Dari sisi lain, Pahala berharap, acara IPOSC bisa menjadi acara pertemuan dan diskusi diantara para petani dari berbagai kultur untuk sharing wawasan dan pengalaman dalam mengelola perkebunan kelapa sawit dan mengelola kelembagaan pekebun. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.