Berikut 18 Perusahaan Anggota Bursa CPO Indonesia

oleh -13174 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. CPO/Tangki Timbun CPO

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada Jumat (13/10/2023) Bursa CPO Indonesia resmi diluncurkan, dimana PT Bursa Komoditi Derivative Indonesia (ICDX) ditunjuk guna menjalankan bursa tersebut. Upaya ini sebagai jalan mewujudkan harapan Indonesia sebagai penentu harga CPO dunia.

“Pembentukan bursa CPO ini diharapkan mimpi kita mimpi Indonesia untuk memiliki harga acuan CPO yang adil transparan dan real-time. Serta perdagangan bursa berjangka Indonesia ini bersifat sukarela yang jadi memang tidak ada paksaan namun seluruh pelaku usaha bersedia untuk berpartisipasi dalam upaya menegakkan marwah CPO di bumi Nusantara,” kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Didid Noordiatmoko, saat memberikan laporan dalam Lauching Bursa CPO Indonesia di Jakarta, yang dipantau InfoSAWIT, Jumat (13/10/2023).


Tercatat sampai saat ini telah ada 18 perusahaan sawit yang resmi tergabung sebagai anggota Bursa CPO, diantaranya 1. PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk. (UNSP)  2. PT Budi Nabati Perkasa  3. PT Eagle High Plantation Tbk. (BWPT)  4. PT Duta Palma Nusantara  5. PT Graha Inti Mas  6. PT Sampoerna Agro Tbk. (SGRO) 7. PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) 8. PT Sari Dumai Sejati  9. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMART) 10. PT Wilmar Nabati Indonesia  11. PT Energi Unggul Persada 12. PT Jatim Jaya Perkasa  13. PT Medcopapua Hijau Selaras 14. PT TH Indo Plantations  15. PT Citra Riau Sarana  16. PT Tebo Indah  17. PT Hennson Inti Persada  18. PT Mitra Austral Sejahtera.

BACA jUGA: Harga Minyak Sawit Di Bursa Malaysia Diperkirakan Masih Tinggi

Sementara diungkapkan Direktur Utama PT ICDX, Nursalam, lantas terdapat 14 perusahaan baru yang tengah mengurus perizinan untuk bisa terlibat dalam perdagangan bursa sebagai penjual maupun pembeli.

Pihak perusahaan kata Nursalam, menargetkan ada sekitar 50 pelaku usaha sawit yang resmi terdaftar sebagai anggota Bursa CPO tanah air.  “Saat ini sudah ada yang mengantre sekitar 14 perusahaan jadi sampai akhir tahun 2023 diperkirakan bisa sampai 50 anggota Bursa CPO,” jelasnya seperti dilansir Bisnis.com(T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com