Stok Minyak Sawit Malaysia Melambung Tertinggi Dalam 4 Tahun Terakhir

oleh -3006 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Bulking storage CPO.

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Merujuk laporan Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) pada Jumat, (10/11/2023), menunjukkan stok minyak sawit Malaysia mencapai level tertinggi dalam empat tahun pada akhir Oktober 2023, kendati dibarengi dengan ekspor lebih besar dari perkiraan, sementara persediaan naik 5,84% dari bulan September menjadi 2,45 juta metrik ton, menandakan peningkatan berturut-turut dalam enam bulan terakhir.

Sebelumnya kejadian serupa pernah juga dialami pada September 2019 silam.


Dari data yang disampaikan, produksi minyak sawit mentah (CPO) tercatat naik 5,89% menjadi 1,94 juta ton di Oktober, sementara ekspor minyak sawit meningkat menjadi 1,47 juta ton.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Naik 0,77 Persen Pada Jumat (10/11)

Sementara  dalam survei yang dilakukan Reuters memperkirakan persediaan sebesar 2,56 juta, atau pertumbuhan 10,82% pada bulan tersebut, dan melihat produksi sebesar 1,88 juta ton dan ekspor sebesar 1,29 juta ton.

Diungkapkan pedagang yang berbasis di Kuala Lumpur, persediaan diperkirakan mencapai puncaknya pada akhir Oktober, lantaran produksi diperkirakan menurun pada November akibat musim hujan yang akan menghambat panen.

“Mulai bulan November, stok akhir mungkin mulai menurun, dan hal ini dapat menahan harga minyak sawit mentah agar tidak turun di bawah level 3.500 ringgit,” kata pedagang tersebut dilansir Reuters.

BACA JUGA: RSPO Tegaskan Komitmen untuk Mengembangkan Industri Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan di Indonesia

Catat Marcello Cultrera dari Apricus yang berbasis di Singapura, permintaan minyak sawit menunjukkan peningkatan yang signifikan antara 100.000 hingga 170.000 ton dibandingkan perkiraan sebelumnya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com