Malaysia Terapkan Larangan Label Diskriminatif “Bebas Minyak Sawit” pada Produk

oleh -1153 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/Ilustrasi No Palm Oil Product.

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia telah menegaskan larangan penggunaan label diskriminatif “Bebas Minyak Sawit” pada produk yang berbasis pada komoditas tersebut. Pihak yang terbukti bersalah dapat menghadapi denda hingga RM 250.000, sebagaimana diatur dalam Trade Descriptions Act 2011. Menteri Perkebunan dan Komoditas, Datuk Seri Johari Abdul Ghani, menyatakan hal ini sebagai langkah untuk melindungi industri minyak sawit Malaysia dan mengatasi promosi diskriminatif terhadap produk ini.

Dikutip InfoSAWIT dari News Straits Times, Johari mengungkapkan, Kementerian Perkebunan dan Komoditas akan bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Biaya Hidup untuk menegakkan aturan tersebut. Mereka akan mengambil tindakan segera terhadap pedagang dan pemasar yang melanggar larangan tersebut. Johari juga menekankan bahwa supermaket yang memasarkan produk dengan label diskriminatif akan dikenakan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.


Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) telah melakukan kajian untuk mengidentifikasi produk-produk yang menggunakan label diskriminatif terhadap minyak sawit di negara tersebut. Hasil survei menunjukkan bahwa sejumlah produk memajang label “No Palm Oil”, yang dipandang sebagai tindakan diskriminatif terhadap minyak sawit. Johari menyebut bahwa tindakan kolaborasi dengan Departemen Bea Cukai akan dilakukan untuk menahan produk berlabel ‘Tanpa Minyak Sawit’ di titik masuk sebelum dibawa ke Malaysia. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com