Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah, Bisa Hasilkan Minyak Goreng Gizi Lebih Baik

oleh -7366 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. BMI Setpres/Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik minyak makan merah di Sumut.

InfoSAWIT, DELI SERDANG – Pada Kamis (14/3/2024) lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Inisiatif pemerintah ini menjadi sorotan karena tidak hanya memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi, tetapi juga pada peningkatan gizi masyarakat.

Sebagai proyek percontohan, pabrik ini menandai langkah maju dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan menyediakan alternatif makanan yang lebih bergizi bagi masyarakat. Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menggunakan minyak makan merah ini karena kekayaan nutrisinya yang lebih baik.


Keberhasilan pembangunan pabrik ini tidak lepas dari inisiatif Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) yang telah lama berupaya mewujudkannya. Kepala Badan Pangan Nasional (NFA), Arief Prasetyo Adi, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya tersebut.

BACA JUGA: RSPO Jamin Pihak Berkepentingan di Guatemala dan Honduras Telah Mengambil Langkah yang Diperlukan

Dalam upaya menjadikan minyak makan merah lebih terjangkau, pemerintah berkomitmen untuk memastikan harganya dapat bersaing dengan minyak goreng lain di pasaran. Arief Prasetyo Adi juga menekankan peran Badan Pangan Nasional, Bulog, dan ID FOOD dalam mendistribusikan produk ini, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh lebih banyak orang.

Tidak hanya memiliki nilai ekonomis, minyak makan merah juga dipuji karena kandungan nutrisinya yang baik. Arief Prasetyo Adi menyebutkan bahwa minyak ini bisa menjadi bagian dari penanganan stunting, sebuah masalah kesehatan yang menjadi fokus pemerintah. “Melalui kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), diharapkan minyak makan merah dapat membantu meningkatkan gizi masyarakat,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Bapanas ditulis Sabtu (15/3/2024).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki, mendukung penggunaan minyak makan merah sebagai solusi untuk masalah stunting. Ia menyoroti pentingnya intervensi pemerintah dalam meningkatkan gizi melalui masyarakatkan penggunaan minyak makan merah.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Kaltim Periode I-Maret 2024 Naik Rp 56,92/kg, Cek Harganya..

Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau merupakan proyek kolaboratif antara sektor publik dan swasta, yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Dengan adanya dukungan teknologi dari PT Riset Perkebunan Nusantara dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), pabrik ini menjadi bukti nyata komitmen dalam memajukan sektor perkebunan dan kesejahteraan petani. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com