,

Bupati Labusel Siap Beli TBS Petani Sawit, Bila Pabrik Sawit Menolak

oleh -373 Dilihat
Info sawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, KOTAPINANG – Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), H. Edimin, mengklaim kalau semua pabrik kelapa sawit (PKS) yang beroperasi di wilayahnya tetap menerima tandan buah segar (TBS) sawit produksi petani sawit, baik swadaya maupun plasma.

“Kalau ada pihak-pihak yang menyebutkan sejumlah PKS tidak lagi menerima TBS sawit petani, saya pastikan itu kabar bohong, itu kabar yang tidak benar,” tegas Edimin kepada InfoSAWIT, Senin (4/7/2022).


Ia bahkan menantang pihak-pihak yang menyebutkan bahwa pabrik sawit miliknya menolak buah sawit petani.

“Saya kan main buah juga, saya dari dulu kan berbisnis sawit juga. Kalau benar ada pabrik sawit yang menolak TBS petani, antar TBS petani itu ke tempat saya. Saya juga masih butuh ratusan TBS sawit tiap hari,” kata Edimin.

BACA JUGA : Kebijakan Pemerintah Soal Minyak Goreng Mulai Menampakan Hasil

Kata dia, yang terjadi saat ini adalah pembatasan penerimaan TBS petani, bukan menolak. Dan itu terjadi karena tangki timbun minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) milik pabrik sawit kemungkinan sedang penuh.

Di samping itu, ia menilai masyarakat harus paham kalau dalam penerimaan buah  sawit, tentu PKS yang ada akan memprioritaskan terlebih dahulu TBS produksi petani plasma binaan mereka.

“Kalau TBS sawit dari petani swadaya tetap diterima, tapi ya sabarlah. TBS plasma PKS lah yang diduluankan. Begitu juga masalah harga, ya TBS plasma lah yang lebih tinggi dari TBS swadaya,” kata Edimin.

Ia memastikan semua pabrik sawit yang adadi Labusel mematuhi regulasi yang ditentukan Pemerintah Pusat. Edimin memastikan semua TBS petani tetap  diterima, namun dalam kondisi tertentu PKS akan membatasi penerimaanTBS petani sawit. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com