Sumut Tawarkan Produk Turunan Sawit ke Rumania 

oleh -318 Dilihat
InfoSAWIT
Dok. InfoSAWIT/Ilustrasi produk turunan minyak sawit

InfoSAWIT, MEDAN – Duta Besar (Dubes) Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu melakukan kunjungan sekaligus menjajaki kerjasama di berbagai bidang, termasuk ekonomi, dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).


Kunjungan itu dilakukan di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (5/7/2022) sore. Dan Adrian Balanescu dan rombongan diterima oleh Wakil Gubernur Musa Rajeckshah.

Kepada Adrian Balanescu, Wakil Gubernur Musa Rajeckshah menawarkan sejumlah produk pertanian asal Sumatera Utara, termasuk kelapa sawit.

BACA JUGA : Pemkab Muba Gunakan Aplikasi Digital Inventarisir Data Kebun Sawit

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, menyampaikan bila Sumut telah melakukan kerja sama dengan Rumania di bidang perdagangan sejak beberapa tahun yang lalu. 

“Saat ini Kita Sumatera Utara telah mengekspor turunan kelapa sawit yakni margarin ke Rumania sebesar 70 ton per tahun. Selain itu juga ada kayu manis,” ujar Ijeck.

Peluang berinvestasi di Sumut, lanjut Ijeck sangat terbuka lebar karena Pemprov Sumut mempunyai strategi untuk meningkatkan iklim investasi positif, khususnya di sektor infrastruktur. 

Kata dia, Sumut memiliki Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan hub internasional yang akan diintegrasikan dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei. 

“Saat ini juga sedang proses pembangunan jalur Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung. Selain itu, ada juga Pelabuhan Belawan untuk aktivitas perdagangan domestik,” kata Wakil Gubernur Sumut itu. 

Selain itu, Provinsi Sumut juga menjadi produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) terbesar kedua di Indonesia setelah Kalimantan. “Komoditas ekspor utama di Sumatera Utara ditopang oleh CPO,” katanya.Ijeck juga berharap kerja sama bilateral Provinsi Sumut dengan Rumania bisa terus ditingkatkan baik di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan lainnya. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com