Harga CPO Naik, Harga Pupuk Melonjak?

oleh -1435 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Meningkatnya harga jual CPO global, memberikan keuntungan besar bagi bisnis minyak sawit. Kondisi naiknya harga jual CPO pula mendorong tumbuhnya kesejahteraan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit. Namun disaat harga CPO global mengangkasa, harga produk input bagi perkebunan kelapa sawit juga turut melonjak, menyusul harga pupuk yang kian melangit.

Merujuk hukum demand (permintaan) dan supply (penawaran), yang menyatakan “semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta”. Kondisi yang kini dialami perkebunan kelapa sawit dewasa ini, menjadi bukti akan adanya hukum permintaan dan penawaran.

Hukum permintaan dan penawaran dalam kondisi ini dapat terjadi, jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus). Jadi harga jual CPO yang makin mahal bersumber dari perkebunan kelapa sawit yang dimiliki perusahaan dan petani kelapa sawit. Dengan meningkatnya harga jual CPO, maka pendapatan yang diterima perusahaan dan petani juga meningkat.

BACA JUGA: Mendorong Penguatan Petani Dan Pemberdayaan Perkebunan Kelapa Sawit

Seiring bertambahnya pendapatan perkebunan kelapa sawit, maka tingkat kesejahteraan perusahaan perkebunan kelapa sawit (termasuk karyawan) dan petani kelapa sawit juga meningkat, sehingga meningkatkan konsumsi yang dilakukannya. Akibat meningkatnya konsumsi seperti pupuk, maka keberadaannya pun menjadi langka, sehingga harga jual pupuk merangkak naik.

Hampir semua perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional dan petani kelapa sawit mengeluhkan hal yang sama, yaitu naiknya harga jual pupuk. Pasalnya, kebutuhan pupuk perkebunan kelapa sawit termasuk besar, bisa mencapai lebih dari 60% dari biaya produksi yang dilakukannya. Dengan naiknya harga jual pupuk, maka kondisi dewasa ini, biaya produksi mengalami kenaikan, bahkan bisa mencapai 150% dari kondisi normalnya.

BACA JUGA: Lilin Malam Dari Sawit Untuk Batik Ramah Lingkungan

Alhasil, kondisi kenaikan biaya produksi dari perkebunan kelapa sawit ini, juga menjadi beban tambahan di sektor perkebunan kelapa sawit, yang dialami akibat naiknya harga jual CPO. Di sisi lain, beban produsen CPO juga bertambah dari pengenaan pajak dan pungutan yang kian membesar. Kondisi ini, menjadi gambaran akan rentetan peristiwa yang terjadi saat harga jual CPO meningkat.

Menariknya, kenaikan harga CPO yang melesat tinggi saat ini, berbanding terbalik dengan dampak yang dirasakan perusahaan dan petani perkebunan kelapa sawit. Berikut 5 dampak kenaikan harga jual CPO, yang dirasakan berbeda oleh perusahaan dan petani kelapa sawit nasional:


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.