Dikala Menyusuri Jejak Sawit Dari Aceh

oleh -1323 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Bisa jadi saat ini kelapa sawit sudah menjadi komoditas unggulan nasional, betapa tidak komoditas emas licin ini kabarnya telah mampu mendorong perekonomian perdesaan, namun tidak sedikit pula yang masih sinis apa betul sawit bisa mensejahterakan?

Jelas, memberikan informasi sawit bisa menjadi pegangan hidup masyarakat tidak lah semudah membalikan telapak tangan, bahkan tulisan saja masih belum cukup! Nah, bagaimana kemudian informasi itu disampaikan dengan foto-foto fakta dilapangan?


Fotographer Poriaman Sitanggang, lewat petualangannya melihat negeri ini menetas sebuah hikmah, bahwa ternyata sawit mampu memberikan harapan hidup bagi masyarakat perdesaan. Hikmah itu lantas digambarkan lewat foto-foto hasil jepretan Poriaman.

BACA JUGA: Integrasi Sawit-Sapi Untuk Ketahanan Pangan

Buku dengan Judul Membangun Masa Depan di Perkebunan Sawit, Hikayat dari Aceh, memang bukanlah buku baru tetapi didalamnya nampak makna yang luas, lantaran lewat foto, Poriaman hendak menggambarkan secara gamblang saat kondisi Aceh yang kala masih tertekan akibat gejolak politik di wilayah itu, ternyata sawit menjadi salah satu komoditas yang mampu mengangkat derajat masyarakat Aceh.

Aceh dan Sawit memang tidak bisa dilepaskan begitu saja, apalagi Aceh adalah wilayah penanaman pertama sawit di negeri ini. Dengan, hadirnya buku ini tentu saja pembaca bakal dibawa pada cerita fakta tentang sawit, bukan lagi hanya sekadar kata-kata belaka. (T2)

Judul           : Membangun Masa Depan di Perkebunan Sawit, Hikayat dari Aceh

Editor          : Poriaman Sitanggang

Penerbit    : Natayu

Hal               : 84

ISBN            : 978-602-95628-0-4

Tahun         : 2009

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com