Uji Coba Biodiesel 40% (B40) Tetap Dilakukan Melalui Dua Jenis Campuran

oleh -27616 Dilihat
infosawit
Dok. Kemen ESDM/Sosialisasi Implementasi Penggunaan B35 dan Hasil Kegiatan Uji Jalan (Road Test) B40 pada Kendaraan Bermesin Diesel

InfoSAWIT, BANDUNG – Kendati per Februari 2023 penerapan campuran biodiesel berbasis ke minyak solar ditetapkan 35% (B35), namun persiapan implementasi B40 atau campuran biodiesel sawit 40% ke minyak solar tetap dilakukan.

Misalnya saja Uji Jalan (Road Test) B40 yang telah dilaunching Menteri ESDM pada 27 Juli 2022 lalu, merupakan rangkaian dari tahap akhir dari pengujian. Hasil uji ini nantinya digunakan sebagai dasar pertimbangan sebelum diterapkannya B40.

Pada uji jalan B40 ini, dilakukan pengujian pada dua jenis campuran bahan bakar B40 yakni, B30D10 dengan formula campuran 30% Biodiesel (B100*) ditambah 10% Diesel Nabati/Diesel Biohidrokarbon/HVO (D100) juga 60% Minyak Solar (B0), dan B40 dengan formula campuran 40% Biodiesel (B100*) ditambah 60% Minyak Solar (B0).

BACA JUGA: Sinar Mas Buka Peluang Beasiswa, Tawarkan Dana Pendidikan hingga Peluang Kerja

Direktur Bioenergi, Kementeria ESDM, Edi Wibowo, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya peningkatan pencampuran bahan bakar nabati jenis biodiesel ke dalam bahan bakar minyak jenis minyak solar menjadi di atas 30%, yaitu pengujian penggunaan B35 dan uji jalan B40.

“Kementerian ESDM terus berkomitmen untuk mendukung rencana implementasi B35 maupun B40, terima kasih atas dukungan dan upaya bersama semua pihak. Kami berharap bapak ibu semua terus berkontribusi dalam pengembangan BBN maupun energi baru terbarukan,” kata Edi dalam keterangannya diperoleh InfoSAWIT.

BACA JUGA: Terapkan GAP dan Bibit Unggul, Plasma Sawit Wilmar Panen Lebih Cepat

Sebagai informasi, kegiatan Sosialisasi Implementasi Penggunaan B35 dan Hasil Kegiatan Uji Jalan (Road Test) B40 pada Kendaraan Bermesin Diesel merupakan upaya fasilitasi dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan terkait. Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga, Badan Riset/Akademisi, Badan Usaha, Asosiasi dan perwakilan dari akademisi dan mahasiswa di sekitar Bandung. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.