100 Petani Sawit Swadaya dan Pendamping Dilatih untuk Audit Internal Sertifikasi ISPO

oleh -1595 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Fortasbi

InfoSAWIT, JAKARTA – Belum lama ini, Yayasan FORTASBI Indonesia bersama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, dan Mutu Institute kali ini menggelar pelatihan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada 31 Januari-2 Februari 2023.

Pelatihan ini menjadi #Batch ke-3, setelah Pelatihan Audit Internal untuk ICS di Siak, Riau yang dilakukan pada Februari 2022 lalu, dan pelatihan untuk para pendamping petani swadaya di Belitung pada November tahun lalu.


Diungkapkan Ketua Dewan Pembina FORTASBI, Sutiyana, FORTASBI telah mendeklarasikan seluruh anggotanya untuk mengikuti Sertifikasi ISPO, “bagaimana kita menjadi petani yang mengikuti aturan, baik pemerintah Indonesia maupun internasional”, ujarnya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Jumat (3/2/2023).

BACA JUGA: RSPO Didorong Prioritaskan Pendekatan Yurisdiksi Untuk Minyak Sawit Berkelanjutan

Ia juga menyebut banyak manfaat petani yang masuk dalam skema ISPO, di antaranya kejelasan batas lahan, budidaya yang benar, hingga perbaikan terhadap lingkungan.

Sutiyana yang juga sebagai GM KUD Tani Subur menjelaskan, KUDnya menjadi koperasi pertama di Kalimantan yang mendapatkan sertifikasi ISPO-RSPO pada 2018 silam, “Ayo kita bersama-sama pemerintah mempermudah dan mempercepat ISPO. Sebenarnya tidak sulit asal petani dan pemerintah saling support,” kata Sutiyana.

Pelatihan terbagi menjadi tiga hari, yakni paparan materi selama dua hari yang meliputi Prinsip & Kriteria ISPO Pekebun, Proses Sertifikasi ISPO, dan Teknik Audit ISPO Berbasis ISO 19011:2018; dan praktik lapangan ke KUD Tani Subur serta Pembuatan Laporan Praktik Audit pada hari terakhir kegiatan.

BACA JUGA: Berikut Segudang Alasan Minyak Sawit Ramah Lingkungan

Hingga kini sudah ada 100 orang terlatih Audit Internal ISPO, terdiri dari 71 petani swadaya, dan 29 pendamping petani, yang tersebar dari banyak sekali wilayah yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Tengah. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com