El-Nino Diprediksi Terjang Kebun Sawit Paruh Kedua 2023

oleh -19700 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Arie Basuki

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Merujuk analis Tim di Maybank Investment Bank Bhd (Maybank IB Research) mencatat bahwa La Nina telah berakhir, kemungkinan El Nino sedang terjadi.

Pusat Prediksi Iklim NOAA AS telah secara resmi melaporkan akhir La Nina terjadi pada 9 Maret 2023. Selanjutnya kondisi ENSO-netral berlanjut hingga musim semi dan awal musim panas di belahan bumi utara.


Setelah itu, model cuaca memperkirakan 56% hingga 63% kemungkinan El Nino muncul kembali antara Juli sampai Desember 2023. Namun, diperingatkan bahwa prediksi cuaca selama musim semi dianggap kurang akurat.

BACA JUGA: Mengenal Oleokimia Berbasis Sawit

“Bila El Nino muncul kembali di 2H23, intensitasnya (apakah El Nino ringan, sedang atau kuat) tidak diketahui pada saat ini. Sementara itu, kondisi ENSO-netral saat ini mungkin menandakan kondisi cuaca yang lebih normal yang mendukung penanaman musim semi yang akan datang di Belahan Bumi Utara,” catat pihak Maybank IB Research seperti dilansir InfoSAWIT dari Theborneopost.

Sementara, cuaca denga hujan lebat selama tiga tahun berturut-turut disebabkan oleh La Nina, Maybank IB Research mencatat bahwa prospek produksi minyak sawit tahun 2023 di Malaysia tidak mungkin terhalang oleh El Nino ringan atau sedang (jika ada).

BACA JUGA: Luhut Panjaitan: Sektor Sawit Masih Dominan yang Belum Bayar Pajak

“Sebaliknya, pencapaian hasil produksi  TBS pada tahun 2023 akan lebih bergantung pada apakah perusahaan memiliki cukup pekerja, dan telah cukup memupuk perkebunan mereka selama dua tahun terakhir atau setidaknya di 1H23,” tandas Maybank IB Research. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com