Petani Menjerit Harga TBS Sawit Makin Terjepit. Ini penyebabnya?

oleh -51092 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Petani Menjerit Harga TBS Sawit Makin Murah. Ini Penyebabnya!

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga jual Tandan Buah Segar (TBS) Sawit yang dihasilkan dari panen petani sawit, kian berharga murah. Berbagai suara yang dilontarkan petani sawit melalui media massa makin sering terdengar dewasa ini. Apa penyebabnya?

Berdasarkan  catatan InfoSAWIT, tren penurunan harga jual minyak sawit mentah atau CPO telah terjadi. Bahkan pada akhir tahun 2022 silam, para peramal harga CPO, juga sudah memberikan perkiraan akan adanya tren penurunan harga jual CPO Tahun 2023 ini.

Berbagai upaya, juga sudah dilakukan sejak awal tahun 2023, dimana pembatasan kuota ekspor melalui mekanisme Domestic Market Obligation (DMO) yang dilakukan Pemerintah Indonesia demi menjamin pasokan minyak goreng murah bagi masyarakat, memiliki tujuan lain pula, yaitu sebagai pembatasan jumlah besaran ekspor CPO.

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Turun, Melemahnya Mata Uang Ringgit Terhadap Dollar AS Batasi Kerugian

Merujuk kepada hukum pasar, apabila keberadaan jumlah barang terbatas, maka harga jual barang akan cenderung naik mengikuti permintaan pasar.

Lantaran sebagai komoditas ekspor, permintaan pasar global saat ini, memang cenderung stagnan atau menurun. Lantaran krisis ekonomi masih melanda beberapa negara tujuan ekspor CPO dan produk turunannya.

Pusat Data Bisnis InfoSAWIT (PDBI) juga menganalisa beberapa hubungan sebab akibat, dibeberapa negara tujuan ekspor, yang mengalami penurunan permintaan CPO dan produk turunannya.

BACA JUGA: Ini Produsen Utama Minyak Sawit Asal Amerika Selatan

Seperti permintaan pasar Cina atau Tiongkok sebagai negara tujuan ekspor terbesar kedua setelah India. Keberadaan perekonomian Cina mulai mengalami perlambatan sejak akhir Tahun 2022 lalu, lantaran banyak negara konsumen produk Cina telah menurunkan permintaannya.

Alhasil, perekonomian Tiongkok ikut mengalami perlambatan. Sehingga secara otomatis, konsumsi dan permintaan impor juga ikut menurun. Hukum sebab dan akibat melekat pada kondisi ekonomi Tiongkok saat ini.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com