Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Turun RM 6 per Ton Pada Senin (28/8)

oleh -3017 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, SINGAPURA – Harga kontrak minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Berjangka Malaysia merosot pada Senin (28/8/2023), menyusul adanya penurunan ekspor di Agustus, sementara peningkatan harga minyak nabati lainnya mampu membatasi nilai penurunan.

Dilansir Reuters, harga kontrak acuan minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman bulan November 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun RM 6 atau terdapat penurunan sekitar 0,15%, menjadi RM 3,956 (US$ 850,75) per metrik ton di awal perdagangan.


Merujuk laporan AmSpec Agri Malaysia dan surveyor kargo Intertek Testing Services, ekspor produk minyak sawit Malaysia selama periode 1-25 Agustus nampak turun antara 4,3% dan 7,8% dari periode 1-25 Juli.

BACA JUGA: Regulasi Bursa CPO Masuk Tahap Telaah Hukum di Kemenhumkan, Ketentuan Ekspor Diubah

Sementara Merujuk laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), total ekspor bulan Juni 2023 mencapai 3,45 juta ton atau meningkat 54,7% dibandingkan ekspor pada bulan Mei 2023 sebesar 2,23 juta ton. Kenaikan terbesar terjadi pada ekspor olahan CPO yang mencapai 2,48 juta ton, atau naik sebesar 52,4% dari ekspor bulan Mei 2023 yakni sebesar 1,63 juta ton.

Masih dilansir Reuters, harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian, berkode DBYcv1 naik 1,4%, sementara kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 juga naik 1,4%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 naik 0,5%.

BACA JUGA: NGO Kaleka Sebut Sawit Berkontribusi Hingga 91,15 Persen Bagi Ekonomi Rumah Tangga

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lainnya, lantaran mereka bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar minyak nabati global. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com