Kebun Sawit di Tapin Terbakar Hangus, Menyusul Munculnya Karhutla

oleh -2023 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

InfoSAWIT, TAPIN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah merusak kebun kelapa sawit yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Pandahan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapin, Sofyan, mengungkapkan bahwa kebakaran telah menghanguskan sekitar satu hektar kebun sawit warga di daerah tersebut pada Kamis, (7/9/2023).

Selain itu, sekitar wilayah tersebut, terdapat satu area lain yang juga terkena dampak dari jangkauan api yang sudah melalui lebih dari lima hektare lahan terbakar. Wilayah ini sebagian besar merupakan lahan semak belukar yang rentan terbakar.


Dilansir InfoSAWIT dari Antara, untuk mencapai titik api dan memadamkannya, tim gabungan telah turun ke kawasan kebun sawit yang terbakar, membawa mesin portabel untuk membantu dalam upaya pemadaman. Saat ini, BPBD Tapin bersama dengan tim gabungan lainnya masih berjuang keras untuk memadamkan api yang terus berkobar di wilayah desa tersebut.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Kalbar Periode I-September 2023 Tertinggi Rp 2.303,28/Kg, Cek Harganya..

Tidak hanya di Desa Pandahan, hampir secara bersamaan, kejadian serupa juga terjadi di Desa Pematang Karangan, Kecamatan Tapin Tengah. Saat ini, informasi mengenai luas lahan yang terdampak oleh kebakaran ini masih sedang dikumpulkan oleh BPBD Tapin untuk mengevaluasi kerusakan yang telah terjadi.

Kebakaran hutan dan lahan merupakan ancaman serius bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Selain merusak tanaman kelapa sawit yang merupakan sumber penghidupan bagi sebagian besar penduduk, kebakaran ini juga dapat mengancam kesehatan manusia serta berdampak negatif pada ekosistem lokal. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com