Godrej Agrovet Limited Bangun Industri Sawit Berkelanjutan di India

oleh -1046 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Tangkapan layar/ CEO Oil Palm Plantation, Godrej Agrovet Limited, Sougata Niyogi.

InfoSAWIT, JAKARTA – Godrej Agrovet Limited  (GAVL), telah berkecimpung dalam bisnis kelapa sawit hulu selama 30 tahun terakhir di India. Godrej Agrovet Limited tercatat sebagai produsen kelapa sawit terbesar di India dengan melibatkan sekitar 30.000 petani kecil dan enam pabrik di seluruh negeri, menghasilkan produksi sekitar 120.000 ton minyak kelapa sawit setiap tahunnya.

“India memiliki ekosistem yang sangat berkelanjutan untuk produksi kelapa sawit, yang berbeda dengan model pelayanan di tempat lain,” tutur CEO Oil Palm Plantation, Godrej Agrovet Limited, Sougata Niyogi, dikutip InfoSAWIT dari laman resmi RSPO ditulis Jumat (24/5/2024)..


Lebih lanjut tutur Sougata Niyogi, dirinya yakin bahwa keberlanjutan akan menjadi inti dari industri kelapa sawit di India. Industri minyak kelapa sawit India sangat berfokus pada pilar-pilar produksi kelapa sawit berkelanjutan, seperti nol deforestasi dan 100% melibatkan petani kecil, serta menerapkan praktik-praktik terbaik yang berkelanjutan di perkebunan.

BACA JUGA: AIC Pastikan Rantai Pakan Berkelanjutan di Inggris, Bersumber dari Minyak Sawit Berkelanjutan

“Saya pikir akan banyak pembelajaran lintas sektor yang bisa terjadi di antara petani kecil di wilayah Global South. RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) memberikan platform yang baik untuk membawa semua praktik terbaik ini kepada petani dan petani kecil di India. Ini akan menjadi manfaat nyata bagi peta jalan RSPO di India ke depannya,” katanya.

Catat Sougata Niyogi, Ia juga merasa bahwa ada sedikit modifikasi yang diperlukan untuk program sertifikasi dan standar yang akan sesuai dengan India, sehingga dapat memulai perjalanan ini dan mendapatkan sertifikasi.

Meskipun RSPO ini adalah sertifikasi sukarela, pihaknya dapat menyampaikan nilai langsung kepada petani kecil yang bekerja dengan perusahaan.

BACA JUGA: Italia Tawarkan Solusi Teknis untuk Produk CPO dan Kopi Indonesia yang Terdampak Kebijakan EUDR

“RSPO bekerja dengan Godrej dan beberapa pemain lain di India untuk memulai dan meluncurkan proyek percontohan tertentu di mana kami dapat benar-benar menunjukkan nilai kepada petani kecil dan memulai perjalanan ini di India sebagai pasar minyak sawit berkelanjutan yang sedang berkembang untuk menciptakan kesuksesan,” tandas Sougata Niyogi. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com