Awas Harga CPO Bisa Melorot, Ukraina Mulai Ekspor Minyak Bunga Matahari

oleh -740 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, UKRAINA – Produsen gandum dan minyak nabati utamanya minyak bunga matahari, Ukraina, selama periode Agustus 2022 berencana mengekspor 3 juta ton minyak nabati, dimana sebanyak 1,3 juta ton akan dikirim melalui pelabuhan sungai di Danube.

Rencana ini telah diumumkan oleh Wakil Ketua Dewan Agraria Seluruh-Ukraina, Denys Marchuk, dalam konferensi pers di Pusat Media Ukrinform.


Lantaran banyak gudang pertanian yang rusak akibat pendudukan sementara oleh militer Rusia di wilayah Ukraiman, kata Denys Marchuk, pemerintah Ukraina telah mencari cara alternatif untuk menyimpan produk pertaniannya.

Sebelumnya akibat Invasi Rusia ke Ukraina telah menciptakan kekosongan pasokan minyak nabati global. Kekosongan ini akan sulit untuk diisi dalam waktu dekat. Krisis ini telah memperkuat tekanan biaya dan gangguan pasokan di seluruh dunia. Harga minyak sawit telah meningkat secara substansial sebagai respons langsung terhadap kemungkinan gangguan pasokan minyak bunga matahari.

Bahkan, harga minyak sawit sempat mencapai puncak baru, melampaui harga minyak nabati sub tropis seperti minyak kedelai. Beberapa minggu setelah pecahnya perang, rata-rata harga eceran minyak nabati di India seperti minyak kelapa sawit, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari masing-masing naik 12,5%, 8%, dan 14,4%. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com