Dukung Pengembangan Sawit, India Siapkan Irigasi Air

oleh -622 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Domi Yanto

InfoSAWIT, TALANGANA – Guna menyokong pengembangan perkebunan kelapa sawit di Talangana, India, pemerintah telah menyediakan ketersediaan air. Terlebih beberapa daerah di Telangana memiliki air yang cukup untuk kelapa sawit yang haus berkat sungai-sungai seperti Godavari, Krishna dan Bima. Namun banyak kantong yang kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit hingga 265 liter per pohon per hari.

Untuk mengatasinya, negara bagian telah membangun proyek irigasi angkat besar-besaran dan jaringan kanal yang sekarang memungkinkan petani menanam kelapa sawit di sebagian besar negara bagian.

“Kami dulu menghadapi kelangkaan air di musim panas. Sekarang, dengan proyek irigasi angkat Kaleshwaram, kami memiliki banyak air untuk kelapa sawit,” kata petani Bollampalli Venkateshwar Rao, yang menanam kelapa sawit di lahan seluas 12 hektar, dikutip InfoSAWIT dari Reuters.

BACA JUGA: Kolaborasi Perusahaan Sawit & LPHD, Kembangkan Objek Wisata Lingkungan

Proyek irigasi Kaleshwaram, yang hampir selesai, menelan biaya dari negara sekitar 1,15 triliun rupee (US$ 14,44 miliar).

Tercatat pihak berwenang memberikan izin untuk menanam kelapa sawit hanya setelah petani memasang sistem irigasi mikro hemat air, subsidi pemerintah pusat dan negara bagian menutupi hampir seluruh biaya sistem irigasi.

BACA JUGA: Memilih Pupuk yang Tepat Supaya Produksi Sawit Meningkat

Kepala Indian Institute of Oil Palm Research (IIOPR), Ravi Mathur mengungkapkan, proyek irigasi tersebut telah membuat penanaman kelapa sawit layak di daerah yang sebelumnya tidak cocok untuk tanaman karena kelangkaan air. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.