Harga CPO Meningkat, Tapi  Margin Keuntungan Petani Sawit Kian Tipis

oleh -18291 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Saat ini harga minyak sawit mentah (crude palm oil /CPO) di pasar global mengalami kenaikan, dan mendongkrak harga pembelian tandan buah segar (TBS) di tingkat petani sawit.

Hanya saja diungkapkan Ketua DPD I Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspek-PIR) Sumatera Utara, Syarifuddin Sirait, margin keuntungan dari pembelian TBS sawit tersebut kian menipis. “Kenaikan harga TBS sawit bukan tidak kami syukuri, tapi margin petani kini sangat tipis,” kata Syarifudin Sirait kepada InfoSAWIT, Minggu (6/11/2022).


Lebih lanjut tutur Syarifudin, margin dari penjualan TBS sawit harus dikurangi biaya perawatan kebun sawit. Dimana biaya produksi atau pemeliharaan kebun sawit petani sawit didominasi oleh biaya pemupukan.

BACA JUGA: Harga CPO Naik, Harga Pupuk Melonjak?

Paling tidak kata  Syarifudin sekitar 70% biaya perawatan adalah untuk pemupukan. Sementara  biaya pemeliharaan yang lainya seperti penyemprotan, biaya penunasan, dan lainnya, hanya berkisar 30% saja. “Belum lagi ditambah naiknya harga BBM sehingga petani terpaksa menanggung biaya angkut TBS-nya dari lapangan Ke pabrik kelapa sawit,” kata Syarifudin yang juga sebagai Ketua Koperasi Petani Kelapa Sawit (KPKS) Kesepakatan Ambar, Desa Gotting Sidodadi, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan.

Ia merinci, biaya angkut TBS sawit petani sekitar Rp 70 sampai Rp 120 per Kg. Padahal sebelumnya harga pupuk makro seperti urea hanya Rp 230.000 per karung ukuran 50 Kg. Sekarang, menjadi Rp 540.000-an per karung.

BACA JUGA: Mendorong Penguatan Petani Dan Pemberdayaan Perkebunan Kelapa Sawit

Lalu pupuk TSP sebelumnya Rp 325.000/Kg sekarang Rp 650.000 per karung 50 Kg. Lantas pupuk KCL atau MOP sebelunya Rp 300.000-an saat ini menjadi Rp 625.000-an per karung 50 Kg. “NPK dulunya Rp 400.000-an sekarang sudah Rp 1.000.000-an per karung 50 Kg,” tandas Syarifuddin. (T5)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit – Biaya Perawatan Kebun Sawit Didominasi Faktor yang Satu Ini

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com