Ekspor CPO Indonesia Turun 27 Persen, Stok Stagnan

oleh -6910 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPK), poduksi minyak sawit mentah (CPO) bulan September mengalami kenaikan sebesar 16% dibandingkan pada Agustus, lantaran faktor musiman menjadi 4,5 juta ton dan palm kernel oil (minyak inti sawit) naik menjadi 442 ribu ton. Yang mana total produksi CPO + PKO sampai dengan September 2022 mencapai 36,5 juta ton.

Namun demikian diungkapkan Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, produksi tahun ini tercatat lebih rendah 4% dibandingkan produksi CPO tahun 2021 yang mencapai 38.147 ribu ton pada periode yang sama.


Sementara total konsumsi dalam negeri pada September sebesar 1,82 juta ton relatif sama dengan konsumsi bulan Agustus sebesar 1,84 juta ton. Berdasarkan komponennya, konsumsi untuk pangan bulan September turun 1% dari bulan Agustus, konsumsi oleokimia naik 6% dan biodiesel turun 4%.

BACA JUGA: Sambut Peringatan 111 Tahun Kelapa Sawit di Aceh Tamiang, Disbun Terbitkan 3.800 STDB

Masih merujuk laporan GAPKI, ekspor bulan September 2022 mengalami penurunan 27% menjadi 3,18 juta ton, dibanding ekspor pada Agustus yang mampu mencapai 4,33 juta ton. “Penurunan terbesar terjadi pada ekspor produk olahan CPO yang melorot 28% menjadi 2,14 juta ton, padahal di Agustus mencapai 2,97 juta ton, sementara untuk ekspor CPO melorot 47% menjadi hanya 427 ribu ton,” tutur Mukti dalam keterangan resminya diterima InfoSAWIT, Senin (21/11/2022).

Sementara stok akhir bulan September menjadi 4,02 juta ton yang relatif sama dengan stok akhir bulan Agustus sebesar 4,03 juta ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com