Cara Membuat Biodiesel Ala Rumahan

oleh -12714 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Saat isu lingkungan dan semakin defisitnya sumber bahan bakar berbasis fosil, mendorong dunia untuk menemukan sumber energi baru. Tentu saja sumber energi baru itu mesti lebih ramah lingkungan dan mudah didapat (Renewable Resources).

Belakangan, biodiesel muncul sebagai alternatif bahan bakar baru dan terbarukan. Kini pengembangan biodiesel terus dilakukan bahkan berbagai minyak nabati bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel, misalnya dari jagung, rapeseed maupun kelapa sawit.


Bila menggunakan bahan baku komoditas unggulan itu, memang butuh dana banyak sehingga pembuatan biodiesel seolah hanya bisa dilakukan pabrik besar. Faktanya, biodiesel bisa juga dibuat ala rumahan.

BACA JUGA: MPOB Prediksi Harga Minyak Sawit RM 4.000 – RM 4.500 per ton di Akhir Tahun 2022

Seperti yang diterangkan pada buku Membuat Sendiri Biodiesel, Bahan Bakar Alternatif Pengganti Solar, karya Syamsudin Manai, ternyata biodiesel bisa dibuat dengan cukup mudah, termasuk dengan modal yang tidak mesti miliaran atau jutaan rupiah.

Buku ini juga menerangkan dengan detil cara pembuatan biodiesel, tentunya dengan berbagai alternatif bahan baku yang berasal dari berbagai macam minyak nabati yang ada di Indonesia selain minyak kelapa sawit. Sehingga masyarakat bisa langsung mempraktikkannya di rumah.

BACA JUGA: KNPI Riau Sorot Aktivitas RAM Sawit Ilegal di Pelalawan

Tentu saja bagi masyarakat yang berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit, alternatif pembuatan biodiesel ala rumahan ini patut di coba, selain mudah masyarakat pun kedepan tidak lagi bergantung dari minyak solar berbasis fosil, yang harganya acap berfluktuasi. Selamat mencoba !!. (T2)

Informasi Buku

Judul        :  Membuat Sendiri Biodiesel, Bahan Bakar Alternatif Pengganti Solar 

Editor       :  Syamsudin Manai

Penerbit   :  Andi Publisher

Hal           :  54

ISBN        :  978-979-2912-6-23

Tahun      :  2010

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com