Olivier Tichit: Bersama Petani Sawit, Keberlanjutan Akan Dapat Dicapai

oleh -2803 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa/Direktur Keberlanjutan Musim Mas, Olivier Tichit

InfoSAWIT, JAKARTA – Sebagai seorang agronomis tropis yang dilakoninya selama hampir lebih dari 20 tahun di Asia Tenggara, Olivier Tichit telah memiliki pengalaman yang mumpuni tentang komoditas. Jauh sebelum bergabung dengan Musim Mas, Ia pernah menjadi Country Manager di Indonesia untuk pedagang komoditas utama, dan mempelopori sertifikasi berkelanjutan untuk petani sawit, serta direksi di perusahaan perkebunan kelapa sawit di Medan, Sumatera Utara.

Tak hanya itu, Olivier juga aktif di lembaga nirlaba multi stakeholder Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), dengan menjadi Wakil Ketua Komite Tetap Standar, serta anggota Komite Teknis Keanekaragaman Hayati dan NKT.

Di mata Olivier, praktik berkelanjutan menghadapi tantangan yang semakin besar, terlebih dalam upaya memastikan kualitas pelaporan dan ketertelusuran Grup, beserta peningkatan standar keberlanjutan dan kolaborasi untuk mentransfromasikan industri.

BACA JUGA: Strategi Menjaga Produktivitas Kelapa Sawit Tetap Tinggi

Rupanya alasan ketertarikan Olivier terhadap keberlanjutan adalah karena petani sawit. Ia menyampaikan, bekerja dengan petani akan dihadapkan pada rasionalitas dan seberapa baik reaksi mereka terhadap pasar.

Olivier meyakini, bersama petani, keberlanjutan akan dapat dicapai. Untuk produksi yang berkelanjutan, perusahaan harus turut menghubungkan petani dengan pasar supaya mereka mengerti apa itu pasar, dan agar pasar mengerti apa yang dilakukan petani.

BACA JUGA: Kementan: Data Kebun Sawit Rakyat Dalam Kawasan Hutan, Luasnya 12.533,52 hektar

“Kita harus menemukan cara untuk membuat mereka merasa bahwa praktik baik mereka merupakan suatu hal yang bernilai dan berharga. Keinginan untuk meningkatkan taraf hidup petani dan untuk dapat bekerja dengan cara yang lebih baik membuat saya tertarik pada keberlanjutan,” kata Olivier yang saat ini menjabat Direktur Keberlanjutan Musim Mas. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Edisi Oktobet 2022


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.