Yuk Memanfaatkan Limbah Perkebunan untuk Pakan Ternak

oleh -495 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Terkadang pakan menjadi faktor kendala dalam usaha peternakan, lantaran harga pakan yang acap melambung. Jika demikian maka peternak mesti lebih kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menekan biaya produksi. Terbukti limbah dari tanaman perkebunan yang selama ini dibuang, memiliki manfaat untuk pakan ternak.

Misalnya, cangkang buah kakao, daging buah kopi, buah semu mete dan bungkil kelapa sawit. Lewat proses lebih lanjut kandungan gizi limbah perkebunan tersebut dapat ditingkatkan. Hasilnya limbah tersebut bisa menjadi pakan konsentrat untuk ternak ruminansia (sapi, domba dan kambing). Serta sebagai salah satu komponen penyusun ransum untuk ternak monogastrik (unggas).

Bahkan, pakan dari limbah perkebunan ini terbukti mampu meningkatkan pertambahan berat badan ternak ruminansia, seperti sapi dan kambing, serta produktivitas ternak unggas.

BACA JUGA: Mau Jadi Planters Sawit, Buku Ini Panduannya

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui sentuhan teknologi maju, limbah-limbah tersebut dapat ditingkatkan nilai gizi dan nilai cernanya. Beberapa peneliti sejak tahun 1990-an telah mengkaji kemungkinan pemanfaatan limbah-limbah ini. Namun, sebagian masih bersifat scientific research atau sebatas riset.

Buku Membuat Pakan Ternak dari Limbah Perkebunan yang ditulis oleh Suprio Guntoro ini memuat teknologi dan inovasi baru terkait dengan pemanfaatan limbah perkebunan tersebut. Data dan informasi dalam buku ini tidak saja bersifat ilmiah, tetapi juga aplikatif, karena berdasarkan hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh penulisnya selama 6 tahun bersama-sama dengan para petani di lapangan. Hasilnya, berbagai inovasi yang dikemukakan telah teruji di lapangan.

BACA JUGA: Mengenal Produk Turunan Sawit, Fatty Alcohol Buatan dan Alami

Bagi para peternak di perkebunan, buku ini bakal menawarkan wawasan baru mengenai pemanfaatan limbah perkebunan untuk pakan ternak. Termasuk untuk mengantisipasi persoalan pakan yang pada masa mendatang semakin pelik. Dengan begitu, peternak bisa mendapatkan pakan ternak yang berkualitas namun didapat dengan cara mudah, bahkan bisa membuatnya sendiri. Selamat mencoba! (T2)

Tentang Buku

Judul           : Membuat Pakan Ternak dari Limbah Perkebunan

Editor          : Suprio Guntoro

Penerbit    : AgroMedia Pustaka

ISBN            : 979-006-199-4

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Februari 2016


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.