Meneropong Sosok Duta Besar Sawit Indonesia

oleh -2419 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Tangkapan Layar

InfoSAWIT, JAKARTA – Bisa jadi orang lebih tahu banyak sosok Derom karena kiprahnya di industri kelapa sawit baik di dalam ataupun luar negeri. Tetapi belum tentu semua orang tahu siapa sebenarnya Derom Bangun, dari mana asalnya, lantas bagaimana kehidupan masa kecilnya hingga bisa sehebat sekarang ini.

Ketertarikan inilah yang menjadi alasan kuat bagi Bonnie Triyana dan M.F Mukthi, guna menulis kehidupan masa kecil dan sepak terjang Derom Bangun, yang dirangkum dalam sebuah buku dengan Judul “Derom Bangun, Memoar Duta Besar Sawit Indonesia”.


Pastinya nama Derom Bangun tidak asing bagi telinga pelaku perkebunan kelapa sawit, pasalnya sosok ini telah dikenal luas oleh para pelaku bisnis sawit di Indonesia. Sumbangsih pemikiran Derom Bangun begitu besar bagi kemajuan industri sawit nasional.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 24 Maret 2023 Withdraw (WD), Penawaran Tertinggi Rp 11.800/kg

Jadi wajar saja bila Derom Bangun kemudian mendapat sebutan Duta Besar Sawit Indonesia, kendati bukanlah jabatan formal bagi Derom, sebutan itu bisa dimaknai sebagai penghormatan dari para pelaku perkebunan kelapa sawit pada sosok asal Karo itu, karena kiprahnya di industri kelapa sawit selama ini.

Salah satunya saat Derom mengusulkan perubahan atas peraturan Codex Alimentarius Commission yang berpusat di Roma, Italia, yang  meminta pemerintah India untuk menurunkan ketentuan kandungan betakaroten dalam minyak sawit.

Cara persuasif yang kerap dilakukan Derom dalam menghadapi masalah yang mencuat di industri sawit adalah ciri khasnya, supaya bisa diselesaikan secara diplomatis tanpa emosional, baik terkait kasus lingkungan, pemanasan global dan sengketa sosial.

BACA JUGA: Atas Laporan Warga Desa Huristak, ANJ Sebut Tidak Ada Kewajiban Namun Bersedia Lakukan Kemitraan Swadaya

Tidak lupa dalam buku ini juga mengupas perjalanan karir yang dirintis oleh Derom Bangun, bagaimana Derom melakukan perubahan teknologi pengolahan minyak sawit milik PT Socfindo dan membangun pabrik baru milik perusahaan lain selaku konsultan.

Bagi pembaca, buku setebal 548 halaman ini bisa menjadi inspirasi dalam berperilaku dan menghasilkan ide atau gagasan guna pesatnya industri sawit nasional. Apalagi saat ini industri sawit sedang dihadang berbagai masalah. Namun dengan optimisme semua masalah pasti ada solusinya. (T2)

Informasi Buku:

Judul : Derom Bangun, Memoar Duta Besar Sawit Indonesia

Penulis : Bonnie Triyana & M.F Mukthi

Penerbit : Kompas

Tahun : 2010

Halaman : 548

ISBN : 9789797095222

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com