Menyoal Harga Minyak Sawit Kini Versus Biosolar

oleh -4881 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – James Fry dari LMC International mencatat, gejolak langsung di pasar paska Rusia menginvasi Ukraina terbukti berumur pendek, setidaknya ini terlihat dari  harga minyak mentah dan minyak nabati. Dirinya memastikan bahwa resesi merupakan dampak dari inflasi yang dipicu oleh perang. “Bahkan kejadian reaksi harga baru-baru ini, harga minyak nabati telah menetap jauh di atas level harga minyak mentah Brent,” katanya saat menjadi pembicara pada acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2022 and 2023 Price Outlook yang dihadiri InfoSAWIT, akhir tahun 2022 lalu.

Kata James, saat ini dirinya akan fokus pada dua produk olahan yang relevan dengan produsen minyak sawit, yakni gasoil (biosolar), yang akan bersaing dengan biodiesel berbasis sawit, dan bahan bakar jet, relevan dengan produsen baru Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan.

Terjadinya perang Rusia – Ukraina telah mendorong penggunaan biosolar. “Ini bisa dilihat bahwa biosolar baru-baru ini menghentikan harga CPO jatuh jauh lebih rendah, sementara  pajak ekspor menarik harga CPO lokal (kami menggunakan harga KPBN untuk Indonesia) di bawah minyak solar,” tutur James.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto: Pengembangan Sawit Fokus Pada Petani Kecil

Di pasar domestik, setelah menambahkan biaya pemrosesan, biodiesel saat ini bersaing dengan biosolar dari Singapura. Harga CPO lokal telah diperdagangkan dengan diskon untuk biosolar selama berbulan-bulan (sejak Mei di Indonesia). (T2)

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Edisi Desember 2022

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com