Holding Perkebunan Nusantara Gandeng TNI, Amankan Areal 81 Ribu Ha Milik PTPN Group

oleh -13969 Dilihat
infosawit
Dok. PTPN III

InfoSAWIT, JAKARTA – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), perusahaan perkebunan milik negara, telah membentuk kolaborasi strategis dengan Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintel AD) dalam bidang keamanan dan penyelamatan areal yang dimiliki oleh PTPN Group.

Diungkapkan Direktur Hubungan Kelembagaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), M. Arifin Firdaus, perusahaan tersebut memiliki luas lahan sekitar 1,2 juta hektar, di mana sekitar 81.000 hektar di antaranya telah digarap atau diokupasi oleh pihak eksternal. Ia menekankan bahwa tahun 2023 dan 2024 akan difokuskan untuk melakukan penyelamatan areal yang terokupasi oleh pihak eksternal.

“Pada tahun 2023 dan 2024, salah satu fokus utama PTPN adalah melakukan penyelamatan areal yang terokupasi oleh pihak eksternal,” ujarnya dalam keterangan tertulis diperoleh InfoSAWIT, pada Minggu (28/5/2023).

BACA JUGA: PTPN Holding Nusantara Dukung Proyek Strategis Nasional Melalui Pembentukan Tiga Subholding

Lebih lanjut kata Arifin, dalam upaya untuk mengoptimalkan aset negara, mereka memberikan prioritas pada pendekatan persuasif dan humanis. Salah satu pendekatan tersebut adalah dengan memberikan insentif dan kemitraan kepada para penggarap yang secara sukarela mengembalikan lahan yang telah mereka garap.

“Namun, dalam pelaksanaan proses keamanan guna menjaga lingkungan yang kondusif, kami juga melakukan sinergi dengan pihak terkait, termasuk kepolisian dan TNI AD, khususnya dengan Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat,” kata Arif.

Sementara itu, Brigjen Yudha Medy, Komandan Pusintel AD, menyambut baik kolaborasi ini akan memastikan pengamanan dan penyelamatan areal milik PTPN Group tersebut. Yudha mengusulkan agar kedua belah pihak segera melakukan diskusi kelompok fokus (FGD) sebelum membuat perjanjian kerja sama antara PTPN III (Persero) dan TNI AD sebagai payung hukum atas sinergi tersebut.

BACA JUGA: PTPN III Terapkan 5 Strategi Dalam Mengelola Perkebunan Kelapa Sawit

“Tentunya kami juga akan memfasilitasi PTPN III (Persero) dalam proses audiensi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sebelum melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama ini,” ujarnya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com