Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Terbang 2,3 Persen Pada Selasa (15/8)

oleh -5927 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWITCPO
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Harga kontrak minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Berjangka Malaysia naik lebih dari 2% pada Selasa (15/8/2023), setelah sebelumnya mengalami penurunan sebanyak tiga sesi, terdongkrak karena pelemahan ringgit, peningkatan ekspor dan penguatan minyak nabati lainnya.

Dilansir Reuters, harga patokan kontrak minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Oktober 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 86 atau terdapat kenaikan sekitar 2,33%, menjadi RM 3.780 (US$ 816,94) per metrik ton pada awal perdagangan.

Dalam keterangan resmi Asosiasi Ekstraktor Pelarut India (SEA) yang berbasis di Mumbai, Impor minyak sawit India pada Juli melonjak 59% dari bulan sebelumnya menjadi 1,08 juta ton, tertinggi dalam tujuh bulan terakhir, karena pelaku refineri memanfaatkan harga yang lebih rendah untuk meningkatkan pasokan.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 14 Agustus 2023 Naik Rp 40/Kg

Sementara nilai mata uang ringgit melemah selama empat hari berturut-turut terhadap dolar, membuat minyak sawit lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang asing.

Masih dilansir Reuters, harga kontrak minyak kedelai pada Bursa Dalian berkode DBYcv1 naik 1,9%, sementara kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 naik 1,4%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 naik 0,2%.

BACA JUGA: Dua Kebijakan ini Percepat Hilirisasi Kelapa Sawit, Dongkrak Kapasitas Refineri Indonesia Capai 75 Juta Ton

Sampai saat ini minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lainnya karena mereka bersaing untuk mendapat bagian di pasar minyak nabati global. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com