Indonesia Komit Selesaikan Agenda Keberlanjutan, Guna Hadapi Krisis Iklim

oleh -2269 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Indonesia Komit Selesaikan Agenda Keberlanjutan, Guna Hadapi Krisis Iklim.

InfoSAWIT, JAKARTA – Di depan para delegasi yang hadir ada acara Indonesia Sustainability Forum, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk menyelesaikan agenda Keberlanjutan.

Kata Luhut, seperti diketahui, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai Net Zero pada tahun 2060. Namun, sepanjang perjalanan dekarbonisasi dan pengalaman kemitraan, Ia menyadari bahwa setiap negara berbeda, dan oleh karena itu kita perlu memupuk kerjasama berdasarkan saling menghormati dan saling percaya.


“Sebagai negara yang memiliki bobot ekonomi dan geopolitik yang signifikan di dunia dengan PDB melebihi US$ 1 Triliun serta 280 juta penduduk, Indonesia punya posisi yang baik dalam memperkuat kemitraan global,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman Facebook resmi Luhut Binsar Pandjaitan, Sabtu (9/9/2023).

BACA JUGA: Ekspor Cangkang Sawit Dari Sulawesi Barat ke Jepang Bernilai US$ 1,2 Juta

Lantas lebih lanjut kata Luhut, ditambah lagi keanekaragaman hanyati yang dimiliki Indonesia diantaranya, luas hutan torpis sebesar 94 Juta Ha, potensi energi terbarukan senilai lebih dari 3.600 Gigawatt, serta sumber daya mineral melimpah yang bermanfaat untuk transisi Energi Baru Terbarukan.

Luhut pun berharap, dialog yang dilakukan di Indonesia Sustainability Forum akan menemukan solusi berkelanjutan yang memungkinkan negara-negara berkembang untuk terus tumbuh seiring upaya industrialisasi mereka.

Lets do something as soon as possible. Bukan hanya sekedar duduk dan saling berbicara, tetapi menghasilkan aksi nyata untuk keberlanjutan masa depan dunia yang lebih baik bagi anak cucu kita,” ucapnya.

BACA JUGA: Peran Rotterdam untuk Pasar Minyak Sawit Belum Tergantikan

Terlebih persoalan krisis iklim yang semakin meresahkan karena berdampak pada ketahanan pangan, pembangunan daerah pedesaan hingga kemiskinan di berbagai negara. Sebab itu dibutuhkan langkah konkrit, kolaborasi berskala besar untuk mencari solusi bersama sangatlah dibutuhkan.

“Indonesia Sustainibility Forum adalah upaya untuk merumuskan strategi keberlanjutan secara luas yang kita perlukan untuk menyelamatkan generasi mendatang dari perubahan iklim yang destruktif ini,” tadas dia. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com