17 Anak Usaha Perkebunan Sawit Musim Mas Telah Bersertifikat ISPO

oleh -10391 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Musim Mas untuk InfoSAWIT/ Musim Mas Group memberikan pelatihaan kepada petani swadaya untuk menerapkan praktik-praktik agronomi yang baik dan berkelanjutan melalui program Pemberdayaan Petani Swadaya Musim Mas.

InfoSAWIT, JAKARTA Dengan komitmen yang tinggi terhadap keberlanjutan, Musim Mas Group  pada  bulan Agustus  lalu telah mendapatkan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) 100% untuk 17 anak perusahaannya pada bagian hulu, sesuai dengan  kewajiban sistem sertifikasi  oleh ISPO. Sertifikasi  ini menunjukkan dedikasi dan komitmen Musim Mas  Group untuk terus menerapkan kebijakan keberlanjutan,  kepatuhan hukum, dan praktik bisnis yang bertanggung  jawab.

Diutarakan Director of Sustainability Musim Mas Group, Olivier Tichit, bagi Musim Mas, keberlanjutan  berarti menyediakan  produk, dan turunan minyak sawit berkualitas  tinggi dan inovatif, dengan cara yang bertanggung  jawab.


“Bersama  dengan para pemangku  kepentingan  di industri ini, kami berusaha  mencari solusi terbaik dalam mengatasi  emisi gas karbon,  keanekaragaman hayati,  dan hak-hak  manusia  termasuk hak pekerja. Sertifikasi ISPO yang kami dapatkan semakin mengukuhkan  komitmen kami untuk menjalankan  usaha kami sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (6/10/2023).

BACA JUGA: Giliran 18 Lahan Sawit Terbakar di Kalbar dan Kalteng Disegel KLHK

Lebih lanjut kata Olivier, keberadaan para petani swadaya juga sangat krusial untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan internasional yang sangat besar.  Berdasarkan data Tree Crop Estate Statistic of Indonesia, menunjukkan  bahwa pada tahun 2022, terdapat lebih dari 2,6 juta petani kelapa sawit di Indonesia. Mereka menguasai dan mengelola 41% dari luas perkebunan  kelapa sawit di Indonesia,  atau 6,4 juta hektar.

“Karena itu, perlu terus dilakukan upaya berkesinambungan agar standarisasi dan sertifikasi untuk produk kelapa sawit dapat mengimbangi peraturan-peraturan pasar global yang ada,” katanya.

Di samping itu, masih ada kendala-kendala yang dihadapi petani swadaya saat ini antara lain, akses untuk mendapatkan  pengetahuan  tentang  praktik-praktik  kelapa sawit yang berkelanjutan,  kurangnya  akses  finansial,  rendahnya  literasi  keuangan  serta keterampilan    perencanaan    bisnis, dan tidak adanya sarana untuk menunjukkan kepatuhan (compliance) atas praktik-praktik  kelapa sawit yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Menghilangkan Hambatan Terhadap Keberlanjutan Minyak Sawit Indonesia

Melalui program  Pemberdayaan Petani Swadaya  Musim Mas yang dimulai sejak tahun 2015,  Musim  Mas Group  mendorong  para petani  swadaya  untuk menerapkan  praktik- praktik   agronomi yang baik dan berkelanjutan. Pengembangan  berbagai   modul pengajaran  yang menerapkan  prinsip dan kriteria sertifikasi nasional ini dilakukan  untuk mendorong mereka mengikuti proses audit dan mendapatkan  sertifikasi. Apalagi, mereka menghadapi  tenggat waktu untuk sudah tersertifikasi  ISPO pada bulan November 2025.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com