Bursa CPO, Harapan Baru Bagi Petani Sawit Dalam Ketidakpastian Harga

oleh -1923 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infoSAWIT
Dok. InfoSAWIT/Ketua Umum Persatuan Organisasi Petani Sawit Indonesia (POPSI), Pahala Sibuea

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada Jumat, 13 Oktober 2023, menjadi tonggak Sejarah untuk kemajuan perbaikan tata Kelola persawitan Indonesia dengan di-launching-nya bursa CPO Indonesia, berharap launching bursa CPO ini tidak hanya sekedar seremoni saja, namun harus dikawal terus dan disempurnakan yang dalam penerapannya masih terdapat hambatan-hambatan.

Diungkapkan Ketua Umum  Persatuan Organisasi Petani Sawit Indonesia (POPSI), Pahala Sibuea, setidaknya terdapat tiga manfaat utama sebagai dampak positif dengan adanya bursa CPO Indonesia, yakni pertama, pemerintah sebagai regulator menunjukan marwahnya walaupun yang disayangkan bahwa Bursa CPO ini bersifat sukarela bagi pengusaha.


Lantas kedua, langkah maju dan mengairahkan sekaligus peluang bagi pengusaha kelapa sawit sekala menengah dan kecil bahkan UMKM dapat berperan dalam bursa CPO tersebut, sehingga monopoli perdagangan CPO dapat ditekan.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 13 Oktober 2023 Naik 1,91 Persen

Serta ketiga, dengan Bursa CPO membuat harga yang transparan, akuntabel dan adil, hal ini akan berdampak pada harga TBS Sawit Petani. “Karena harga CPO inilah sebagai acuan utama dalam menentukan harga TBS Petani,” katanya dalam keterangannya kepada InfoSAWIT, Jumat (13/10/2023) di Jakarta.

Lebih lanjut kata dia, dampak lain yang perlu diperhatian adalah peluang terhadap pabrik-pabrik mini dengan teknologi yang sekarang sangat memungkinkan. Munculnya pabrik mini ini nantinya akan berdampak pada pabrik CPO yang ada sekarang, untuk itu diperlukannya perbaikan tata Kelola sawit di hulu khususnya tentang kemitraan yang adil.

BACA JUGA: Bursa CPO Indonesia Dipastikan Bersifat Sukarela

“Seksama kita ketahui proses pembentukan bursa memang tidak mudah apa lagi bila bursa itu tidak liquid dan minim jual beli yang terjadi didalam bursa. Padahal kunci bursa CPO bisa berkembang adalah jumlah volume dan pemain di bursa ramai dan menguntungkan semua pihak, untuk itulah perlu dukungan dan Kerjasama semua pihak,” tandas Pahala. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com