Widya Erti Indonesia Berkolaborasi dengan Unilever, Dorong Pertanian Berkelanjutan

oleh -632 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. WEI Untuk InfoSAWIT/ Smallholders Farm Visit and Program Discussion di Simalungun dan Medan, Sumatera Utara, Pada hari Rabu, 17 Oktober 2023.

InfoSAWIT, JAKARTA – Widya Erti Indonesia (WEI), mitra Unilever, mengambil bagian dalam kegiatan “Smallholders Farm Visit and Program Discussion” di Simalungun dan Medan, Sumatera Utara, Pada hari Rabu, 17 Oktober 2023 lalu.

Dimana dalam kegiatan tersebut, Vice-President and Managing Director – Climate and Nature Fund di Unilever, Eric Soubeiran turut serta dalam kunjungan ini untuk menyaksikan upaya pembinaan dan pengembangan petani yang dilakukan oleh WEI dan mitra-mitra lainnya.


Sebagai salah satu smallholders Unilever, WEI menunjukkan komitmen tinggi dalam membimbing kelompok petani lokal menerapkan Praktik Pertanian yang Baik. Fokus utama WEI tidak hanya pada pertanian, melainkan juga pada pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT). Mereka membimbing KWT untuk mengembangkan produk inovatif dari bahan baku lokal seperti pisang, singkong, kelapa, dan lidi sawit.

BACA JUGA: Apical Pertahankan Posisi Tiga Teratas di Sustainable Palm Oil Transparency Toolkit 2023

Inisiatif pemberdayaan ini tidak hanya menciptakan nilai ekonomi tambahan, tetapi juga membuka peluang baru bagi wanita tani untuk aktif berkontribusi dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Kami di WEI percaya bahwa pemberdayaan perempuan dan pengembangan pertanian berkelanjutan harus seiring dalam membangun komunitas yang lebih kuat dan mandiri. Melalui inisiatif ini,  jalan bagi wanita di pedesaan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi keluarga mereka menjadi terbuka, sambil mempromosikan penggunaan sumber daya alam yang sirkular,” kata Executive Director WEI, Wiranatha Krisna, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Rabu (15/11/2023).

Pentingnya ekonomi sirkular juga menjadi fokus WEI, dengan berhasilnya implementasi strategi untuk mengolah daun kelapa sawit menjadi pakan ternak, yang kemudian diubah menjadi pupuk organik untuk digunakan kembali di lahan pertanian. Pendekatan ini menciptakan rantai nilai yang menguntungkan dan ramah lingkungan.

BACA JUGA: Memilih Tanaman Tumpang Sari di Kebun Sawit, Supaya Pendapatan Meningkat

Wiranatha Krisna mengapresiasi kerjasama yang terbentuk dan berharap kolaborasi ini terus berkembang untuk mendorong pengembangan di komunitas-komunitas marginal dan pedesaan. “Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerjasama ini dan berharap akan ada lebih banyak lagi inisiatif bersama antara Unilever, WEI, dan smallholders lainnya yang berfokus pada pengembangan masyarakat,” tutur Krisna.

Dalam kegiatan ini, diskusi program antara Unilever dan smallholders membuka dialog penting tentang bagaimana peranan Unilever dalam membantu smallholders mewujudkan sektor agrikultur yang bertanggung jawab terhadap masa kini dan masa depan. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Tinggalkan Balasan