624 Petani Sawit Anggota Koperasi LMS Peroleh Premi Minyak Sawit Berkelanjutan Rp 1,1 Miliar

oleh -1036 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. ANJ untuk InfoSAWIT/624 Petani Sawit Anggota Koperasi LMS Peroleh Premi Minyak Sawit Berkelanjutan Rp 1,1 Miliar.

InfoSAWIT, JAKARTA – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), memberikan penghargaan kepada petani mitra di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, atas komitmen mereka dalam menerapkan praktik budidaya sawit berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan dalam bentuk premi minyak sawit berkelanjutan yang diserahkan kepada Koperasi Laman Mayang Sentosa (LMS) pada Senin, 13 Mei 2024, di kantor Koperasi LMS.

Koperasi LMS, yang terdiri dari 624 petani dan mengelola area lahan bersertifikat seluas 2.079,25 hektar, menerima premi minyak sawit berkelanjutan senilai Rp 1.192.687.882. Penyerahan premi dilakukan secara simbolis oleh General Manager KAL, Dadi, kepada Ketua Koperasi LMS, Jamhari.


Dalam sambutannya, Dadi menyampaikan bahwa pemberian premi ini merupakan bentuk apresiasi KAL atas dedikasi para petani mitra melalui Koperasi LMS dalam menerapkan praktik budidaya sawit berkelanjutan melalui skema sertifikasi RSPO.

BACA JUGA: SNPI 2024: Berikut Tiga Cara Replanting Sawit, Mana Lebih Efisien

“Pemberian penghargaan ini merupakan kali ketiga dilakukan oleh KAL kepada LMS dan menjadi bukti komitmen perusahaan dalam mendukung dan menghargai para petani koperasi mitra atas kontribusi mereka dalam menghasilkan minyak sawit berkelanjutan,” ujar Dadi dalam keterangan resmi dierima InfoSAWIT, Jumat (17/5/2024).

Jamhari, Ketua Koperasi LMS, menyampaikan rasa terima kasihnya atas komitmen KAL dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para petani mitra di bawah Koperasi Laman Mayang Sentosa. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai premi yang diberikan KAL setiap tahunnya. “Pencapaian ini merupakan buah dari kerja sama yang erat antara KAL dan jajaran pengurus koperasi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kinerja para petani,” ungkap Jamhari.

Pada kesempatan tersebut, Edi Radiansyah, SH., MH, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ketapang, menyampaikan bahwa keberadaan koperasi dapat meningkatkan taraf hidup anggotanya dan masyarakat sekitar. “Investasi yang disediakan oleh koperasi dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, kerja sama yang baik perlu dijaga dan ditingkatkan agar tercipta hubungan yang harmonis antara perusahaan, masyarakat, dan instansi pemerintah terkait,” tambah Edi Radiansyah.

BACA JUGA: Petani Sawit Milenial ini Sampai Ikut Acara SNPI 2024, Untuk Tambah Wawasan

Premi minyak sawit berkelanjutan tidak hanya diserahkan KAL kepada Koperasi LMS, namun juga kepada dua koperasi lainnya, yaitu Koperasi Lestari Abadi Bersama (LAB) dan Koperasi Bina Satong Lestari (BSL). Total premi yang diberikan oleh KAL kepada para petani mitra melalui tiga koperasi meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai Rp 1.322.965.233.

“Melalui kebijakan keberlanjutan perusahaan, ANJ secara konsisten menerapkan praktik-praktik terbaik dalam seluruh kegiatan operasional. Kami berharap dengan pemberian premi ini dapat terus memotivasi petani dalam menerapkan praktik perkebunan terbaik untuk mengelola kebun kelapa sawit, sehingga dapat terus mempertahankan sertifikasi yang diperoleh dan meningkatkan kualitas produksinya di masa depan,” tutup Dadi. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com