AHY Tanggapi Seruan “All Eyes on Papua”, Masyarakat Papua Harus Hidup Baik dan Sejahtera

oleh -1100 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan keinginannya agar masyarakat Papua hidup dalam kondisi baik dan sejahtera.

InfoSAWIT, JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan keinginannya agar masyarakat Papua hidup dalam kondisi baik dan sejahtera. Pernyataan ini disampaikan AHY saat menanggapi seruan “All Eyes On Papua” yang tengah ramai diperbincangkan.

“Terkait ‘All Eyes On Papua’, prinsipnya begini, karena kemarin juga saya ditanya pertanyaan serupa, Papua adalah wilayah Indonesia yang mulia, unik, harus kita jaga kehormatannya, kemuliaannya, dan tentunya kita ingin masyarakat Papua juga hidup dengan baik dan sejahtera,” ujar AHY di Jakarta, dikutip InfoSAWIT dari Antara ditulis Rabu (12/6/2024).

AHY menekankan pentingnya perlakuan yang adil terhadap masyarakat Papua. Ia mengingatkan bahwa masyarakat Papua tidak boleh dinomorduakan dan harus diberi fokus khusus untuk mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lain di Indonesia, termasuk Pulau Jawa.

BACA JUGA: Budidaya Nanas Tumpang Sari di Desa Bikang Tingkatkan Produktivitas Perkebunan Sawit

“Kebijakan pembangunan ekonomi di Papua harus benar-benar tepat sasaran, melibatkan semua kalangan, masyarakat setempat, Orang Asli Papua, dan masyarakat adat. Semua suku yang ada di sana harus dilibatkan dalam pembangunan,” tambahnya.

Di tingkat pusat, lanjut AHY, ada kebijakan-kebijakan strategis yang tidak hanya berlaku untuk Papua, tetapi juga bagi daerah-daerah lain. Sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan kawasan ekonomi khusus sedang dibangun untuk meningkatkan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, serta menghadirkan ketahanan pangan dan energi.

“Kita berharap ke depan kita semakin menuju pada energi baru terbarukan, biofuel sebagai salah satu jawabannya, yang membutuhkan bahan dasar seperti tebu, jagung, dan lain-lain. Ini memerlukan area-area lahan perkebunan. Yang penting bagi saya adalah bagaimana semua ini ditetapkan dengan melibatkan semua pihak, termasuk Orang Asli Papua, dan tujuan undang-undang itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” kata AHY.

BACA JUGA: PTPN IV PalmCo Regional III Gunakan E-Tekpol, Genjot Produksi CPO di 2024

AHY juga menekankan bahwa tujuan undang-undang harus berkontribusi kepada masyarakat. Ia berharap jika hal ini dapat dijelaskan dengan baik, masyarakat akan mengerti dan bersabar, sehingga kepentingan pembangunan dan kesejahteraan dapat tercapai secara bersamaan dalam jangka panjang.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com