Kemenperin Siapkan Roadmap Sawit Indonesia Emas 2045

oleh -2334 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/foto: Bernadus Ritchard/Ilustrasi perkebunan sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika, menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil menormalisasi tata kelola produksi dan distribusi ekspor minyak goreng (RBD Palm Olein) selama masa outbreak akhir tahun 2021 hingga 2022.

“Kemenperin telah mengoperasikan Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) sebagai platform pengendalian pasokan dan harga minyak goreng serta bahan bakunya secara nasional. Sistem ini mendukung proses pengambilan keputusan secara real-time, responsif, transparan, dan berbasis partisipasi masyarakat secara masif,” ungkap Putu dalam keteranga resmi diperoleh InfoSAWIT ditulis Senin (24/6/2024).

Lebih lanjut, Kemenperin saat ini tengah menyusun Peta Jalan (Roadmap) Sawit Indonesia Emas 2045. Peta jalan ini diharapkan dapat mewujudkan industri kelapa sawit yang berkelanjutan dari hulu hingga hilir pada tahun 2045. Hal ini sejalan dengan tujuan akhir untuk menciptakan pertumbuhan sektor industri yang mandiri, berdaulat, maju, berkeadilan, dan inklusif.

BACA JUGA: 

Kelapa sawit juga dianggap sebagai komoditas yang siap mendukung pencapaian Net Zero Emission (NZE) sektor industri pada tahun 2050. Roadmap Sawit Indonesia Emas 2045 telah diarahkan untuk mengeliminasi emisi karbon dalam industri sawit nasional.

“Kunci utamanya adalah pengembangan sektor industri yang berkelanjutan (sustainable) dan mampu tertelusur (traceable) sebagai prasyarat penerimaan produk hilir kelapa sawit di pasar global,” tutup Putu. (T2)

 

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com