KEK Sei Mangkei Tawarkan Peluang Investasi Sektor Sawit dan Karet

oleh -1834 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ KEK Sei Mangkei Tawarkan Peluang Investasi Sektor Sawit dan Karet.

InfoSAWIT, SIMALUNGUN – Sebanyak sembilan delegasi dari berbagai negara, termasuk Konjen dan Konsul Kehormatan, mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada Rabu (26/6/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan informasi mendalam mengenai potensi investasi di KEK Sei Mangkei dan Kawasan Industri Medan (KIM).

Dimana KEK Sei Mangkei, yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, dikenal sebagai pusat pengembangan industri kelapa sawit dan karet hilir berskala besar dengan standar internasional.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Sumut, Alfi Syahriza menjelaskan, bahwa KEK ini menawarkan kesempatan bagi investor untuk terlibat dalam hilirisasi industri tersebut.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Jambi Periode 28 Juni – 4 Juli 2024 Naik Rp 16,69/Kg, Cek Harganya..

“Industri di Sumut, khususnya di KEK Sei Mangkei, menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat,” katanya dilansir InfoSAWIT dari laman resmi Pemprov Sumut, ditulis JUmat (28/6/2024).

Salah satu pertanyaan utama dari para delegasi adalah terkait kemudahan dan insentif yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada investor. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut, Faisal Arif Nasution menjelaskan, bahwa provinsi ini telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2023 yang menawarkan berbagai insentif dan kemudahan investasi untuk menarik investor.

Direktur PT Kawasan Industri Nusantara (KINRA), VT Moses Situmorang, menambahkan bahwa KEK Sei Mangkei memiliki luas total 1.993,8 hektare. KEK ini dikelola bersama oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dan PT KINRA, dengan fokus utama pada pengolahan kelapa sawit dan karet. Saat ini, sedang dalam proses konstruksi tujuh perusahaan di KEK ini, dengan rencana untuk menambah tiga lagi dalam waktu dekat. Estimasi investasi hingga tahun 2031 mencapai puncaknya, terutama dalam sektor oleokimia dan refinery CPO.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Withdraw pada Kamis (27/6), di Bursa Malaysia Harga CPO Turun

Para investor juga mengunjungi industri pembuatan es krim untuk melihat langsung proses produksi dan pengemasan, menunjukkan komitmen mereka dalam mengeksplorasi potensi investasi di Sumatera Utara. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com