Perwakilan dari 17 Negara Sehaluan Belajar Sawit Berkelanjutan di Siak

oleh -1572 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Kemenlu/ Perwakilan dari 17 Negara Sehaluan Belajar Sawit Berkelanjutan di Siak.

InfoSAWIT, PEKANBARU – Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas untuk Pengelolaan Komoditas Berkelanjutan Berbasis Pertanian Rakyat untuk Negara Sehaluan (Like-Minded Countries – LMCs) telah sukses dilaksanakan di Bogor dan Riau dari tanggal 22 Juni hingga 2 Juli 2024. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Indonesia (LDKPI).

Para peserta berkesempatan mengunjungi perkebunan kelapa sawit di Siak, Riau, yang dikelola oleh petani rakyat. Perkebunan ini mengedepankan praktik perkebunan berkelanjutan, di mana 80 petani telah tersertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Selain itu, perkebunan ini juga mengintegrasikan kearifan lokal dan konservasi hutan dalam pengelolaannya, seperti penggunaan bio pestisida dan pupuk organik. Perkebunan ini juga telah menerapkan praktik keterlacakan dengan metode Polygon Mapping.

Selain kunjungan lapangan, para peserta juga menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Riau di Bale Serindit, Pekanbaru. Acara tersebut menampilkan tarian tradisional penyambutan Joget Sonde, musik khas Melayu, serta hidangan khas Provinsi Riau.

BACA JUGA: AMPeS Tuntut Pemprov Aceh Cabut Izin Perusahaan Sawit PT SPT Subulussalam

Staf Ahli bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kemlu RI, Duta Besar Adam M. Tugio, yang mewakili Kemenlu dalam acara tersebut, menyampaikan harapannya agar peserta dapat mempelajari praktik terbaik dari perkebunan kelapa sawit di Riau, terutama dalam aspek keberlanjutan dan kontribusi petani rakyat terhadap industri kelapa sawit. “Harapannya kunjungan ini memberikan pelajaran dan manfaat bagi peserta yang dapat dibawa kembali ke negara masing-masing,” katanya dalam keterangan resmi diperoleh InfoSAWIT ditulis Rabu (3/7/2024).

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Elly Wardhani, dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaku usaha dan petani rakyat telah berusaha keras untuk memenuhi sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Mereka berkomitmen agar semua komoditas perkebunan di Riau menggunakan praktik ramah lingkungan dan berkelanjutan. “Harapannya ke depan kita sesama negara sehaluan dapat saling mendukung dalam praktik perkebunan yang berkelanjutan berbasis pada pertanian rakyat,” tambahnya.

Sementara, Ditya Agung Nurdianto, Direktur Perdagangan, Perindustrian, Komoditas, dan Kekayaan Intelektual Kemlu RI, dalam paparannya menyampaikan bahwa tren perdagangan dan keberlanjutan di pasar global saat ini menunjukkan regulasi perlindungan lingkungan menghambat alur perdagangan komoditas pertanian dan makanan. “Indonesia selalu memperjuangkan komoditas kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan melalui diplomasi dan norm-setting di berbagai forum multilateral. Indonesia juga selalu berkomitmen pada praktik pertanian berkelanjutan,” jelasnya.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Naik 1,42 Persen pada Selasa (2/7), Demikian Pula di Bursa Malaysia

Pelatihan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Kemlu RI dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), sebagai komitmen Indonesia dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Pelatihan yang akan berlangsung selama lima tahun ke depan ini berfokus pada aspek pengelolaan berbagai komoditas perkebunan oleh petani rakyat dengan praktik berkelanjutan, di mana petani rakyat berkontribusi langsung pada pencapaian SDG 1 (No Poverty) dan SDG 2 (Zero Hunger).

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com