AMPeS Tuntut Pemprov Aceh Cabut Izin Perusahaan Sawit PT SPT Subulussalam

oleh -889 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Antara/ AMPeS Tuntut Pemerintah Aceh Cabut Izin Perusahaan Sawit PT SPT Subulussalam, pada Selasa (2/7/2024) di Banda Aceh.

InfoSAWIT, BANDA ACEH – Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Subulussalam (AMPeS) menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, pada Selasa (2/7/2024). Dalam aksi tersebut, mereka meminta Pemerintah Aceh untuk mencabut izin operasional PT SPT Subulussalam.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Muhammad Ikhwan Sambo menyatakan, bahwa masalah dengan PT SPT sudah berlangsung sejak satu tahun lalu. Namun, isu ini kembali mencuat pada Mei 2024 karena dampaknya terhadap hutan lauser.

“Jadi kami meminta kepada Pemerintah Aceh dan DPRA segera mencabut izin PT SPT,” ujar Sambo dikutip InfoSAWIT dari waspadaaceh ditulis Rabu (3/7/2024).

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Naik 1,42 Persen pada Selasa (2/7), Demikian Pula di Bursa Malaysia

AMPeS menuduh PT SPT telah merusak lingkungan di Subulussalam, termasuk hutan lindung, Sungai Singersing, dan wisata Air Terjun Silangit-langit. Mereka menyebutkan bahwa Sungai Singersing telah tercemar, menyebabkan masyarakat setempat kesulitan mencari ikan karena banyaknya pohon yang hanyut di sungai tersebut. Tempat wisata seperti Sungai Silangit-langit juga terkena dampak akibat perambahan hutan.

“Sungai Singersing sudah tercemar, banyak pohon hanyut di sungai itu sehingga masyarakat setempat tidak bisa mencari ikan. Begitu juga tempat wisata kami juga tercemar seperti Sungai Silangit-langit akibat perambatan hutan,” jelas Sambo.

BACA JUGA: Jadikan Kebun Sawit, Masyarakat Gampong Kuta dan Paya Palas Garap Lahan Terlantar di Dusun Leupon

Selain itu, lanjutnya, banyak satwa liar yang keluar ke permukiman warga akibat perambahan hutan yang dilakukan oleh PT SPT. Pendemo mendesak pemerintah untuk segera mengambil tindakan tegas demi menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com