infosawit

Harga Minyak Sawit Mulai Naik, Respon Larangan Ekspor CPO yang Berlanjut



Dok. InfoSAWIT
Harga Minyak Sawit Mulai Naik, Respon Larangan Ekspor CPO yang Berlanjut

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Harga minyak sawit di Bursa Berjangka Malaysia naik tipis pada Rabu, (18/5/2022), menyusul ekspor yang lebih tinggi dari Malaysia dan larangan ekspor yang lebih lama dari perkiraan di Indonesia, meskipun kontrak masih tetap mendekati level terendah lima minggu di sesi sebelumnya.

Kontrak minyak sawit acuan FCPOc3 untuk pengiriman Agustus 2022 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 33 per ton atau naik sekitar 0,54%, menjadi RM 6.149 (US$1.400,05) per ton pada awal perdagangan.

Dikutip InfoSAWIT dari Reuters, ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-15 Mei naik 23,9% menjadi 613.649 ton dibanding bulan April pada periode yang sama, sesuai laporan surveyor kargo Societe Generale de Surveillance pada Selasa (17/5/2022).

Dalam laporan Refinitiv Agriculture Research Selasa lalu, permintaan menguat, tergambar dari ekspor minyak sawit yang lebih kuat, dan pertumbuhan output yang lebih lambat di Malaysia karena jumlah hari kerja yang lebih pendek membuat pasar tetap kokoh.

Produsen utama Indonesia telah menghentikan ekspor minyak sawit mentah dan olahan sejak 28 April dan investor berharap kebijakan tersebut akan dicabut dalam beberapa minggu karena tangki penyimpanan terisi penuh. Namun, aturan itu tetap berlaku hingga harga minyak goreng sawit domestik turun.

Kontrak kedelai teraktif Dalian DBYcv1 turun 0,4%, sementara kontrak minyak sawit DCPcv1 kehilangan 0,2%. Harga kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 0,5%.

Analis Teknis Reuters, Wang Tao mencatat, harga minyak sawit diperkirakan mencapai di RM 5.984 per ton, menjadi terobosan setelah sebelumnya mengarah ke harga RM 5.843 per ton. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit