Harga Minyak Sawit Menguat 1,7%, Menyusul Penguatan Harga Minyak Kedelai

oleh -179 Dilihat
info sawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA- Harga minyak sawit di Bursa Berjangka Malaysia pada Selasa (21/6/2022) telah membaik didorong adanya penguatan harga minyak nabati di Dalian Commodity Exchange, padahal sebelumnya harga minyak sawit mengalami penurunan hingga ke level terendah sejak 4 Januari lalu..

Kontrak minyak sawit acuan FCPOc3 untuk pengiriman September 2022 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 87 ringgit, atau terdapat peningkatan sekitar 1,75%, menjadi RM 5.068 (US$ 1.152,34) per ton pada awal perdagangan.


Seperti dilansir Reuters, harga minyak nabati di Dalian Commodity Exchange telah menguat di pagi hari. Sementara harga minyak kedelai tidak mengalami penurunan seperti dialami minyak sawit. “Berdasarkan rentang harga, harga CPO akan dibuka lebih tinggi,” kata seorang pedagang yang berbasis di Kuala Lumpur.

BACA JUGA : Harga Minyak Sawit Naik 2,3%, Sementara Pasokan Ekspor Melemah

Sementara harga Kontrak minyak sawit tercatat melorot hampir 9% pada hari Senin (20/6/2022), menjadi penurunan harga harian terdalam sejak 28 Januari 2020, setelah membukukan sesi mingguan terburuk dalam enam minggu terakhir.

Dalam laporan Kementerian Perdagangan, Persetujuan Ekspor yang dikeluarkan telah mencapai lebih dari 1,4 juta ton dibawah skim Domsetic Market Obligation (DMO) dan program percepatan ekspor pada Senin.

Sementara, ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-20 Juni turun 10,5% menjadi 738,368 ton dari sebelumya mencapai  824,589 ton, catat cargo surveyor Intertek Testing Services, pada Senin.

Kontrak soyoil teraktif Dalian DBYcv1 turun 2,03%, sementara kontrak minyak sawit DCPcv1 turun 2,28%. Harga kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 diperdagangkan 1,06% lebih rendah.

Analis Teknis Reuters, Wang Tao mencatat harga FCPOc3 minyak sawit dapat melambung ke kisaran RM 5.086 hingga RM 5.204 per ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com