Harga Mnyak Sawit di Bursa Malaysia Kembali Turun 4%

oleh -455 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Hendra

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Harga minyak sawit pada Bursa Berjangka di Malaysia tercatat kembali turun 4%, Selasa (2/8/2022), kian memprpanjang kerugian untuk hari kedua, lantaran muncul kekhawatiran pasokan ekspor minyak sawit dari Indonesia yang melimpah dan aksi jual besar-besaran telah menekan harga.

Kontrak minyak sawit FCPOc3 untuk pengiriman Oktober 2022 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun RM 163, atau terdapat penurunan sekitar 4,01%, menjadi RM 3.897 (US$ 880,58) per ton selama awal perdagangan.


Pemerintah Indonesia tetap mempertahakan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO), guna mendukung pasokan bahan baku minyak goreng sawit di dalam negeri.

Hanya saja dalam medukung kelancaran ekspor minyak sawit Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan telah menetapkan porsi pengali kuota ekspor yang sebelumnya hanya sebanyak 7 kali, maka sesuai dengan Surat Keputusan  Direktur Jenderal Perdagangan  Luar Negeri Nomor 14/DAGLU/KEP/07 /2022 Tentang Penetapan  Rasio Pengali  Besaran Volume  Pemberian Persetujuan Ekspor (PE), Crude Palm Oil, Refined,  Bleached And Deodorized Palm  Oil, Refined,  Bleached And Deodorized Palm Olein,  Dan Used Cooking  Oil, telah menetapkan rasio pengali ekspor menjadi 9 kali lipat.

Dalam beleid yang diterima InfoSAWIT, Selasa (2/8/2022), mencatat kebijakan ini efektif diterapkan mulai awal Agustus 2022.

Sementara dilansir Reuters, harga Kedelai di bursa berjangka Chicago Board of Trade turun ke level terendah hampir satu minggu, paska Pemerintah AS melaporkan terdapat sedikit perbaikan dari sisi kondisi tanaman.

Harga kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 1,9%. Kontrak soyoil teraktif Dalian DBYcv1 turun 1,7%, sementara kontrak minyak sawit DCPcv1 tercatat merosot 3,3%.

Analis Teknis Reuters, Wang Tao mencatat, harga minyak kelapa sawit mungkin aka jatuh ke RM 3.857 per ton, lantaran sebelumnya telah mencapai titik tertinggi RM 4.085 per ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com