Sawit pun Jadi Penyokong Terjaganya Inflasi

oleh -1510 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Direktur Perbenihan Perkebunan, M Saleh Mokhtar saat tinjau pameran SNPI 2022

InfoSAWIT, BANDUNG – Diungkapkan Direktur Perbenihan Perkebunan Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian , M Saleh Mokhtar, saat ini dunia sedang dihadapkan pada tingkat inflasi yang sangat tinggi, misalnya saja Turki mengalami inflasi hingga 69,97%, Argentina 55,1%, Brazil 16,7%, Rusia 12% dan Amerika serikat mencapai 8,3%. Lantas bagaimana dengan Indonesia? kata dia, inflasi Indonesia hanya mencapai 4,35%.

Sementara terjaganya inflasi di Indonesia tidak terlepas dari pengelolaan sektor pertanian khusus di sektor perkebunan yang maju, mandiri dan modern, lantas sektor pertanian terutama subsektor perkebunan lagi-lagi menjadi bantalan utama perekonomian Indonesia.

“Sektor ini  telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini sehingga pada masa pandemi covid-19 sektor lain lagi lesu tetapi sektor pertanian tumbuh dan tangguh momentum ini harus kita jaga bersama agar Indonesia bisa terus pulih tumbuh dan maju,”  katanya saat membuka acara Seminar Nasional Planter Indonesia  (SNPI) ke II di Bandung dihadiri InfoSAWIT, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA: Seminar Nasional Planter Indonesia Ke 2, Resmi Dibuka

M Saleh mengakui, khusus untuk subsektor perkebunan kelapa sawit mampu menyediakan lapangan kerja bagi 4,2 juta pekerja langsung dan 12 juta pekerja tidak langsung. Lantas dari 16,38 juta ha tutupan perkebunan kelapa sawit sekiar 6,7 juta ha adalah lahan kelapa sawit yang dikelola petani sawit yang bisa jadi adalah mitra para planter.

Lebih lanjut tutur M Saleh Mokhtar, sekitar 2,78 juta ha berpotensi untuk dilakukannya peremajaan kelapa sawit yang pohonnya sudah tua atau yang rusak. “Termasuk perkebunan kelapa sawit yang masih muda namun memiliki produktivtas yang masih rendah, bisa jadi karena menggunalan bibit yang kurang bermutu.

Tahun 2021 lalu kata M Saleh, produktivas rata-rata perkebunan kelapa sawit nasional hanya mencapai 3,9 juta ton/ha/tahun, jauh dari potensinya yang mencapai 5-8 juta/ha/tahun.

BACA JUGA: Isran Noor: Peremajaan Sawit Itu Tidak Sulit Hanya saja..

“Upaya peningkatan produktivitas sawit masih menjadi isu utama dan harus terus kita lakukan salah satunya dengan melakukan peremajaan sawit rakyat dengan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang sudah dilakukan semenjak 2016 lalu,” katanya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com