Mau Beli Bibit Sawit Unggul di Riau Ini Aplikasinya

oleh -9507 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Bibit Sawit Unggul dalam polybag.

InfoSAWIT, PEKANBARU – Berdasarkan survei Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menyatakan para petani sawit masih kerap terjebak dengan keberadaan bibit sawit palsu. Ada sejumlah alasan yang membuat mereka terjebak, diantaranya 37 persen menjadi korban penipuan, 14 persen tergiur harga murah, 20 persen tidak mengetahui cara membeli benih yang legal.

Nah, guna menyediakan bibit sawit unggul bersertifikat (asli), petani sawit tak perlu khawatir lantaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V bakal Kembali menjual bibit sawit unggul khusus buat petani sawit swadaya.


“Sebentar lagi kami akan buka di di tiga sentra yakni Tandun, Rokan, dan Sei Pagar. Ketiganya telah melewati proses seleksi dan sedang dalam tahap pembibitan,” kata Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa, dalam keterangan resmi diperoleh InfoSAWIT, Kamis (16/2/2023) lalu.

BACA JUGA: 48 Ribu Bibit Sawit Unggul Ludes Dibeli Petani di Riau Hanya Dalam Dua Bulan

Sementara untuk sentra pembibitan lainnya, akan segera menyusul untuk siap melepas bibit unggul bersertifikat kepada masyarakat.

Untuk proses pembelian, Jatmiko mengatakan masih tetap menggunakan metode serupa sejak dua tahun lalu, yakni pembelian via daring melalui aplikasi Sawit Rakyat Online yang dapat diakses melalui ponsel berbasis Android.

BACA JUGA: Guna Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Sektor Sawit, Malaysia Longgarkan Aturan

Melalui aplikasi tersebut, petani dapat mengetahui ketersediaan bibit di masing-masing sentra. Selain itu, melalui aplikasi yang dikembangkan tim IT PTPN V tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana diskusi bagi petani untuk membudidayakan tanaman sawit yang berkelanjutan. (T2)

Link Sawit Rakyat Online

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com