Harga TBS Sawit Riau Untuk Petani Swadaya Ada yang Tembus Rp 2.500/Kg

oleh -4041 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, PEKANBARU – Menjelang penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit untuk petani plasma di Riaum ternyata harga TBS Sawit untuk petani sawit swadaya duluan melejit, bahkan ada yang tembus hingga Rp 2.500-an per Kg.

Diungkapkan petani swadaya di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Senggigi (Kuansing), Usman Rofik, paling rendah harga TBS swadaya adalah di level Rp 2.300-an per Kg. Namun demikian ada pula harga pembelian TBS sawit swadaya bisa tembus hingga Rp 2.600-an per Kg. “Mulai Selasa (21/2/2023) ini harga TBS naik sebesar Rp 20 per Kg menjadi Rp 2.575 dan Rp 2.670 per Kg,” ujar anggota Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Kuansing, kepada InfoSAWIT, Selasa (21/2/2023).


Lebih lanjut kata Rofik, harga itu berlaku di PT Sinar Tiga Mutiara (STM) yang memiliki surat pemesanan buah atau delivery order (SPB/DO) dari PT Wahana. Kenaikan harga juga di konfirmasi Petani Sawit Swadaya dari Kecamatan Ukui, Pelalawan, Ucok K, yang mengungkapkan harga TBS sawit swadaya naik. Kata dia, harga TBS di PT KPT Kapau naik Rp 30 menjadi Rp 2.415 untuk tronton dan colt diesel melalui DO HJ Flamboyan Ukui.

BACA JUGA: PTPN III Terapkan 5 Strategi Dalam Mengelola Perkebunan Kelapa Sawit

“Di PT IIS Payo Atap juga naik Rp 30 per Kg menjadi Rp 2.540 melalui DO TE Flamboyan Ukui,” kata pria asal Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut) ini.

Selain itu, harga berondolan di PT MAS Kelayang menjadi Rp 2.990 per Kg melalui DO JN 2 Ukui, dengan syarat SPB diambil saat di timbangan perusahaan.

BACA JUGA: 48 Ribu Bibit Sawit Unggul Ludes Dibeli Petani di Riau Hanya Dalam Dua Bulan

Selanjutnya di PT Permata Hijau Indonesia (PHI) eks PT Langgam juga naik sebesar Rp 20. Masing-masing menjadi Rp 2.570 untuk buah sawit yang super, Rp 2.560 untuk buah besar, dan Rp 2.540 untuk buah sedang. (T5)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit – Detik-detik Sebelum Pengumuman Dinas Perkebunan Riau, Harga TBS Swadaya Melewati Plasma – InfoSAWIT Sumatera
Klik untuk baca: https://sumatera.infosawit.com/2023/02/21/detik-detik-sebelum-pengumuman-dinas-perkebunan-riau-harga-tbs-swadaya-melewati-plasma/

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com