Disbun Kaltim Dorong Kemitraan Sektor Pekebunan yang Berkelanjutan di Berau

oleh -2342 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, TANJUNG REDEB – Dinas Perkebunan Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Bidang Usaha melaksanakan kembali Pertemuan Pembinaan Kemitraan. Kali ini di Kabupaten Berau, bertempat di Hotel Grand Parama, Tanjung Redeb pada Rabu (17/05/2023) lalu.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir diwakili Kepala Bidang Usaha, Taufiq Kurrahman, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan serta memacu dan memotivasi pembangunan usaha perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.


Sebab itu diperlukan adanya evaluasi usaha perkebunan setiap saat terhadap perijinan usaha perkebunan meliputi aspek ekonomi, sosial-budaya dan lingkungan pada setiap wilayah usaha perkebunan di Kabupaten/Kota se-Kaltim, khususnya di Berau.

Menurutnya seperti dilansir InfoSAWIT dari laman resmi Disbun Kaltim, berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring oleh pihaknya terhadap pelaksanaan kemitraan perkebunan di Kaltim, terutama kemitraan antara petani/pekebun dengan perusahaan perkebunan sawit di Kaltim, diperoleh permasalahan kemitraan yaitu antara lain masih kurangnya pemahaman bagi petani/pekebun/masyarakat dan perusahaan perkebunan terhadap peraturan perundang undangan di bidang perkebunan khususnya tentang kemitraan.

Lebih lanjuy tutur Taufiq, kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 30 orang terdiri dari lembaga pekebun yang tergabung dalam kelompok tani/koperasi (Pengurus Koperasi) yang telah bermitra maupun yang belum bermitra dengan perusahaan perkebunan, perusahaan perkebunan yang telah bermitra dan yang belum bermitra serta petugas dari Dinas Perkebunan Kab. Berau. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com