Petani Sawit Belajar Pajak dari KPP Sampit

oleh -2370 Dilihat
infosawit
Dok. KPP Sampit

Untuk itu, KP2KP dibentuk dalam instansi Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan pelayanan, pelaksanaan, penyuluhan, dan juga konsultasi perpajakan yang jangkauannya lebih luas.

 


Kegunaan KP2KP?

KP2KP bertugas menjalankan tugas penyuluhan, konsultasi, pelayanan, dan sosialisasi yang berkaitan dengan aspek perpajakan kepada masyarakat secara lebih luas.

Jadi, secara umum, KP2K memiliki fungsi luas bagi masyarakat. Fungsi dari KP2KP adalah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 206.2/PMK.01/2014. Peraturan ini adalah peraturan perubahan atas peraturan terkait Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJP (No. 167/PMK.01/2012). Jadi, fungsi struktur DJP untuk KPP Pratama adalah sebagai berikut:

BACA JUGA: Industri Sawit Komit Dukung Pemerintah Mencapai Net Zero Emission

Berfungsi menjadi sub-bagian umum dan kepatuhan internal dalam hal melakukan masalah keuangan, kepegawaian, tata usaha, rumah tangga, pengelolaan performa pegawai, dan lain sebagainya.

Sebagai seksi dalam hal pengolahan data dan juga informasi dengan cara melakukan pencairan, pengumpulan, pengolahan data, pengamatan potensi perpajakan, penyajian informasi perpajakan, dan lain sebagainya.

Berfungsi sebagai seksi pelayanan yang melakukan suatu penetapan dan juga penerbitan produk hukum di dalam perpajakan. Sebagai seksi penagihan yang melakukan kegiatan urusan penatausahaan piutang pajak dan urusan piutang yang lainnya.

BACA JUGA: Baru Terbit 32 Sertifkat, Kementan Percepat Sertifikasi ISPO Bagi Pekebun Sekaligus Untuk Memenuhi Persyaratan Legal

Berfungsi sebagai seksi pemeriksaan yang membuat rencana pengawasan, pemeriksaan, penerbitan dan penyaluran SPP atau Surat Perintah Pemeriksaan Pajak, dan juga administrasi pemeriksaan perpajakan yang lainnya.

Sebagai suatu ekstensifikasi dan juga penyuluhan yang melakukan suatu pengamatan potensi perpajakan, pendataan objek pajak, pendataan subjek pajak, membentuk basis data nilai objek pajak, dan lain-lain.

Berfungsi sebagai seksi pengawasan dan juga konsultasi yang melayani permohonan setiap wajib pajak, melakukan bimbingan konsultasi teknis perpajakan pada setiap wajib pajak, dan juga mengusulkan adanya pengurangan PBB atau Pajak Bumi dan Bangungan.

BACA JUGA: Pengelolaan Sawit Rakyat di Lahan Gambut Peroleh Pujian Perwakilan Packard Foundation

Sebagai seksi pengawasan dan juga konsultasi yang melakukan pengawasan atas adanya kepatuhan perpajakan, rekonsiliasi data pajak dalam melakukan intensifikasi, pembuatan profil wajib pajak, analisis kinerja wajib pajak, dan juga himbauan pada setiap wajib pajak.

Dari adanya fungsi diatas, maka sebagai instansi vertikal dari DJP, maka KP2KP mempunyai fungsi dalam melakukan penyuluhan, pelayanan, dan juga konsultasi perpajakan.

Lalu, fungsi lain dari KP2KP adalah agar bisa melakukan pengamatan dan pembuatan profil potensi perpajakan, misalnya dengan cara melakukan pemberian ataupun penghapusan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, mencabut atau mengukuhkan PKP atau Pengusaha Kena Pajak, dan juga memberikan ataupun menghapus nomor objek pajak dalam hal jabatan.

BACA JUGA: Bengkalis Targetkan Peremajaan Sawit Rakyat 500 ha di 2023

Berdasarkan penjelasan lengkap tentang KP2KP diatas, bisa kita simpulkan bahwa KP2KP adalah instansi yang akan memungkinkan DJP untuk bisa lebih mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dari KPP Pratama. KP2KP juga akan membantu Anda dalam hal mempermudah proses pencatatan, pembukuan, pembayaran, dan juga pelaporan pajak bisnis Anda. Sudahkah anda membayar Pajak? (T1)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com