Didukung Dana BPDPKS, 1.223 Ha Lahan Sawit Petani Mitra Asian Agri Bakal Lakukan Peremajaan Sawit

oleh -4331 Dilihat
infosawit
Dok. Asian Agri unutk InfoSAWIT/ Tiga KUD Mitra Asian Agri di Jambi Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Peremajaan Sawit Rakyat

INfoSAWIT, JAKARTA – Tiga (3) Koperasi Unit Desa (KUD) mitra Asian Agri melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan pihak perbankan, selaku penyalur bantuan. Kegiatan tersebut dilakukan di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat Jumat (9/6/2023).

Kerja sama dalam bentuk dana tersebut untuk peremajaan sawit untuk 3 KUD mitra Asian Agri dengan total luasan 1.223,8 hektar. Ketiga KUD tersebut antara lain KUD Sawit Mulia, Desa Intan Jaya, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi yang akan meremajakan lahannya seluas 531,7 hektar, KUD Barokah, Desa Karya Mukti, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Jambi, seluas 425,9 hektar, dan KUD Budi Sari, yang berlokasi di Desa Bukit Sari, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batang Hari, Jambi seluas 276,2 hektar.


Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS, Sunari, mengatakan, PSR merupakan program BPDPKS yang memiliki manfaat yang sangat penting dan bermanfaat bagi negara. “Untuk itu melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara 3 pihak tahap VII ini, kita dapat membangun sinergi antara BPDPKS, perbankan, dan KUD untuk dapat mengakselerasi target capaian program PSR seluas 180.000 hektar,” katanya dikutip InfoSAWIT dari keterangan resmi, Sabtu (10/6/2023).

BACA JUGA: Potensi Bursa Karbon, Cuan Bagi Pemilik Konsesi Lahan

Head of Partnerships Asian Agri, Rudy Rismanto mengungkapkan bahwa peremajaan merupakan salah satu solusi untuk memastikan keberlanjutan produksi perkebunan kelapa sawit milik petani dan menjaga kepastian produksi Tandan Buah Segar (TBS) tetap optimal.

“Oleh karena itu melalui program kemitraan, Asian Agri melakukan pendampingan secara intens kepada para petani mitra dari masa persiapan hingga saat tanaman menghasilkan,” kata Rudy.

BACA JUGA: EUDR Akan Membuat Petani Sawit Terlempar Jauh dari Skema Perdagangan EU

Merujuk informasi perusahaan, Asian Agri hadir dengan program peremajaan sawit yang bertujuan untuk membantu para petani mitra dengan mengatasi keraguan dan ketidaktahuan petani tentang pelaksanaan peremajaan. Selain itu, Asian Agri juga membantu petani dengan menyediakan bibit unggul Topaz yang merupakan faktor penting dalam membantu mengoptimalkan produktivitas kebun sawit petani. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com