Masalah Impor Daging Sapi Kelar, Bila Integrasi Sawit Sapi Diterapkan

oleh -4245 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok, InfoSAWIT/Ketum Gapensiska, Joko Iriantono

InfoSAWIT, JAKARTA – Hingga saat ini Indonesia memiliki populasi penduduk sekitar 275 juta jiwa atau menduduki posisi nomor 4 sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Dengan populasi sebesar itu setiap tahunnya Indonesia mengimpor daging sapi dan sapi bakalan sekitar setara 1,25 juta ekor.

Permasalahan impor daging sapi itu kerap muncul setiap tahunnya, sebab itu diungkapkan Ketu Umum, Gabungan Pelaku dan Pemerhati Sistem Integrasi Sapi-Sawit (GAPENSISKA), Joko Iriantono, dengan luasnya perkebunan kelapa sawit di Indonesia yang mencapai seluas 16,34 juta hektar, berpotensi untuk di integrasikan dengan peternakan sapi.

Kata Joko, apabila dari total luas 25 % untuk integrasi Sawit Sapi maka masalah impor daging sapi dan sapi bakalan akan terselesaikan. “Dalam kondisi krisis ekonomi global tahun 2022 Indonesia mendapatkan devisa export produk perkebunan kelapa sawit sekitar Rp 600 triliun,” katanya dikutip InfoSAWIT dari Whatsapp Group Gapensiska, Kamis (20/7/2023).

BACA JUGA: Enam Keuntungan Saat Menerapkan Integrasi Sapi-Kelapa Sawit

Maka dengan Integrasi Perkebunan Kelapa Sawit  dan peternakan sapi potong akan menekan kegiatan impor daging sapi dan sapi bakalan. “Artinya akan ada penghematan biaya impor sapi, disamping kebutuhan daging bisa terpenuhi,” katanya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com