Harga Minyak Sawit Di Bursa Malaysia Naik RM 11 per ton Pada Rabu (13/9)

oleh -2629 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia Derivatives.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga minyak sawit mentah di Bursa Berjangka Malaysia naik pada Rabu (13/9/2023), setelah sebelumnya mengalami penurunan tujuh sesi berturut-turut. Kenaikan harga didukung pulihnya harga minyak kedelai di Chicago.

Dilansir Reuters, Kontrak acuan minyak sawit FCPOc3 untuk pengiriman November di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 11, atau terdapat kenaikan sekitar 0,30%, menjadi RM 3,694 (US$ 790,16) per metrik ton di awal perdagangan.


Masih dilansir Reuters, harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian berkode DBYcv1 turun 0,15%, sedangkan harga kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 turun 0,27%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 naik 0,57%.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Sumut Periode 13-19 September 2023 Turun Rp 122,55/Kg, Cek Harganya..

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lain, lantaran mereka bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar minyak nabati global.

Impor minyak sawit Uni Eropa pada tahun 2023/24 mencapai 634,515 ton pada 8 September, lebih rendah dari 736,716 ton pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan Dewan Minyak Sawit Malaysia, Senin lalu, data Stok minyak sawit Malaysia pada akhir Agustus naik 22,5 % dari bulan sebelumnya menjadi 2,12 juta ton, tertinggi dalam tujuh bulan terakhir, karena produksi meningkat dan ekspor melambat.

BACA JUGA: BRICS Buka Peluang Perdagangan Minyak Kelapa Sawit Lebih Adil

Merujuk informasi Surveyor Kargo Intertek Testing Services, ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-10 September turun 11,2% dari bulan sebelumnya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com