Bersama BPDPKS, IPS Gelar Talkshow Planters #2 di Riau Guna Edukasi dan Transfer Ilmu

oleh -2271 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. IPS untuk InfoSAWIT/Ketum IPS, Jamalul, (Kiri) Saat menyerahkan plakat kepada DPW IPS Riau yang baru terbentuk, disela acara Talk Show Planters #2 di Riau.

InfoSAWIT, PEKANBARU – Seperti pada kegiatan sebelumnya, Indonesian Planters Society (IPS) kembali mengadakan acara Talk Show Planters #2 yang berlokasi di Pekanbaru, Riau. Diungkapkan Ketua Umum IPS, Jamalul, kegiatan ini memiliki tujuan guna mengedukasi dan mentrasfer ilmu ilmu praktis lapangan kepada semua peserta pada acara ini.

Lebih lanjut kata Jamalul, para peserta dari Talkshow ini terdiri dari para petani kelapa sawit mandiri, serta yang tergabung dalam KUD; dan para karyawan di beberapa perusahaan besar kelapa sawit; Akademisi dan yang mewakili pemerintah Daerah.


“Guna memberikan informasi yang akurat, maka para narasumber terpilih adalah praktisi langsung di perkebunan kelapa sawit yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam bidangnya yang bekerja di beberapa perusahaan besar kelapa sawit dalam mengelola perkebunan baik dari mulai membuka hutan sampai dengan pengolahan TBS di PKS; kemudian ada dari Dinas Perkebunan, PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) yang menangani pemasaran CPO dan komoditi lainnya,” katanya saat membuka acara Talk Show Planters #2, bertajuk “Kemitraan Planters Profesional Dengan Pekebun Rakyat Untuk Meningkatkan Produktivitas Sawit Yang Lestari Dalam Rangka Mendukung Sawit Baik”, di Pekanbaru, Riau, Sabtu (16/9/2023).

BACA JUGA: Urai Konflik Sosial, Dorong Konsep Transisi Yang Berkeadilan dalam Industri Sawit

Ungkap Jamalul, acara ini sejalan dengan dukungan penuh program pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang mepunyai visi sebagai badan pengelola dana kelapa sawit berkelanjutan yang terpercaya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia khususnya pekebun kelapasawit; dan dengan misi salah satunya pengembangan sumber daya manusia; mencerdaskan para praktisi pekebun kelapa sawit

“Maka program ini ibarat gayung bersambut dimana para pakar praktisi kebun kelapa sawit sebagian besar bernaung menjadi anggota Indonesian Planters Society, sehingga saling mendukung dan mutual benefit untuk menyalurkan dana dan  pengetahuan berbagi pengalaman, sehingga nantinya secara global internasional Indonesia menjadi tumpuan dunia dalam segala  hal perkelapasawitan,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Minggu (17/9/2023).

Sekadar infomasi acara ini dilakukan dalam 3 sesi, yang mana pembahasan pada acara Talkshow ini yang kesemuanya penting dan menarik di dunia kebun kelapa sawit. Dimana pada sesi pertama, membahas mengenai, peran sarana dan prasarana pendukung untuk meningkatkan produksi kelapa sawit.

BACA JUGA: Ketum Apkasindo: Kementerian dan Lembaga yang Urus Dana Sawit Dianggap Loyo Setahun Terakhir, Ada Apa?

Lantas sesi kedua, terkait pemilihan bibit unggul untuk mencapai target produksi pekebun rakyat yang lestari, serta sesi ketiga, membahas penetapan harga TBS Provinsi untuk mendorong pencapaian target produksi pekebun rakyat.

“Mewakili seluruh pengurus IPS berharap dengan adanya Talkshow Planter #2 ini akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Menjadikan produk produk pemikiran, berkontribusi dan sinergi dengan pemerintah dan swasta disegala bidang,” tandas Jamalul. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com